Sukses

Pelajar NU Ketanggungan Khatam Alquran 567 Kali Selama Ramadan

Khatam Alquran sebanyak 567 kali itu dicapai dalam tiga pekan selama Ramadan.

Liputan6.com, Brebes - Pelajar NU Ketanggungan berhasil mengkhatamkan Alquran 567 kali selama bulan Ramadan. Capaian itu melampaui target minimal 500 kali, sehingga membanggakan pengurus maupun anggota Pelajar NU yang tergabung dalam Ikatan Pelajar NU dan Ikatan Pelajar Putri NU (IPNU-IPPNU) Kecamatan Ketanggungan.

"Jelas kami bangga dengan pencapaian ini, tepat di hari Jumat (6/6) kemarin. Sudah 567 kali khatam Alquran," ucap pembina Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPNU Ketanggungan Ahmad Fauzan El Azizi di sela kegiatan khotmil Quranan dan Buka Puasa bersama di Pondok Pesantren Al-Hikmah Desa Baros Ketanggungan Brebes, Jumat, 16 Juni 2017.

Ternyata, khataman Alquran itu disetorkan oleh 24 ranting IPNU-IPPNU se-Kecamatan Ketanggungan. Jumlah khataman Alquran terbanyak adalah Ranting IPNU-IPPNU Kubangsari dengan jumlah 44 khataman, menyusul Ranting Padakaton 42 khataman dan Ranting Ketanggungan 38 khataman.

Khotmil Quran 500 khataman, lanjutnya, digelar untuk menggalakkan kembali anak-anak muda, khususnya kader IPNU-IPPNU, membudayakan tadarus Alquran. "Kami prihatin dengan banyak anak muda yang asyik nongkrong dan ngabuburit dengan trek-trekkan motor," kata dia.

Kegiatan mengkhatamkan Alquran itu direspons positif oleh anak-anak muda NU se-Kecamatan Ketanggungan. Mereka sangat antusias menyemarakkannya dengan tadarus keliling antar musala dan masjid di ranting atau desanya masing-masing.

"Saya ikut bangga dengan antusiasme anak-anak muda NU yang bisa mewarnai dan menyemarakkan kegiatan tadarus Alquran," katanya.

Sementara itu, Ketua PAC IPNU Ketanggungan Abdul Azid menambahkan, untuk menyukseskan kegiatan seperti itu, jajaran pengurus harus turun tangan saat sosialisasi ke ranting-ranting.

Ketua Panitia Pelaksana Khotmil Qur'an 500 Khataman PAC IPNU-IPPNU Ketanggungan Akbar Wibawa melaporkan, kegiatan tersebut tergolong sukses. Puncak acara digelar dengan diawali pembacaan 30 juz Alquran dan dilanjutkan dengan doa Khotmil Quran.

Salah seorang peserta khotmil Quran, Maghfirotul Fitri Maulani, mengatakan dirinya bangga bisa mengaji dan berkumpul dengan ribuan pelajar IPNU-IPPNU se-kecamatan Ketanggungan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini