Sukses

Bandara Malang Tambah Jadwal Penerbangan Mudik Lebaran

Jumlah penumpang selama arus mudik dan arus balik Lebaran 2017 ini diperkirakan naik dibanding tahun lalu.

Liputan6.com, Malang Bandara Abdulrachman Saleh, Malang, Jawa Timur, bakal bertambah jadwal penerbangannya selama musim mudik Lebaran 2017 ini. Untuk angkutan Lebaran ini akan ada 13 flight yang melayani, naik dari biasanya hanya 10 flight.

Sekretaris UPT Bandara Abdulrachman Saleh Malang, M Holili, mengatakan, penambahan flight itu masing–masing satu jadwal dari maskapai penerbangan Garuda Indonesia, Citylink, dan Sriwijaya Air yang akan melayani sejak H-7 sampai H-7.

"Penambahan itu khusus untuk angkutan Lebaran, surat pengajuan sudah kami terima. Kapan mereka mulai melayani tambahan penerbangan, itu terserah pihak maskapai," ucap Holili di Malang, Jumat (16/6/2017).

Adapun untuk passenger load factor atau faktor muat penumpang saat ini rata–rata masih 85 persen. Angka itu akan terus naik dan diyakini bisa menembus 100 persen dengan puncak kepadatan penumpang diperkirakan mulai H-3 Lebaran.

Untuk menjamin keamanan penumpang angkutan mudik Lebaran 2017, bakal didirikan posko keamanan terhitung mulai H-10 Idul Fitri.

Holili menambahkan, bandara akan jauh lebih sibuk pada Lebaran tahun ini dibanding tahun sebelumnya.

Berdasarkan data UPT Bandara Abdulrachman Saleh, Malang, selama arus mudik Lebaran 2016 lalu tercatat volume kedatangan sebanyak 34.319 penumpang. Sedangkan, volume keberangkatan sebanyak 32.585 penumpang. Saat itu, total penerbangan mencapai 236 jadwal penerbangan.

"Asumsi kami di Lebaran tahun ini ada peningkatan sampai sembilan persen jumlah penumpang melalui bandara ini," ujar Holili.

 

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.