Sukses

Mapolda Riau Buka Penitipan Sepeda Motor Gratis Selama Lebaran

Kapolda Riau janjikan penitipan sepeda motor itu aman dari pungli dan pencuri bagi pemudik.

Liputan6.com, Pekanbaru - Kepolisian Daerah (Polda) Riau menghimbau pemudik Lebaran Idul Fitri 1348 Hijriyah agar menggunakan kendaraan penumpang ataupun ‎roda empat milik pribadi dalam perjalanan mudik maupun balik. Hal itu penting demi keselamatan pemudik selama menuju kampung halamannya.

Pemudik yang memilik sepeda motor tidak perlu khawatir akan dicuri ketika ditinggalkan di rumah. Pasalnya, Polda Riau beserta jajarannya di Polres menyediakan penitipan motor gratis bagi pemudik. Penitipan motor itu mulai dibuka sejak sekarang.

"Kalau punya negara tidak bayar, dititipkan ke Polres Polres dan Polsek Polsek yang ada. Kami sediakan tempatnya dan dijamin aman," kata Kapolda Riau Irjen Pol Zulkarnain Adinegara di SPN Pekanbaru, Rabu siang, 14 Juni 2017.

Jika pun pemudik tetap memakai sepeda motor, mantan Kapolda Maluku Utara itu mengimbau pengendara memperhatikan kondisi kendaraan. Tujuannya supaya tidak mogok di jalanan sehingga perjalanan ke rumah terganggu.

Pemudik juga diminta melengkapi surat dan atribut kendaraan. Meskipun Operasi Ramadniya digelar untuk mengamankan pemudik berbentuk kemanusiaan dan kepolisian tidak akan mencari kesalahan pengendara, masyarakat diminta tetap tertib berlalu lintas.

"Di samping itu, kepolisian juga menyediakan tempat istrihat bagi pemudik. Silah singgah, di sana ada petugas kesehatan, termasuk ada pijetnya juga," kata Zulkarnain didampingi Kabid Humas Polda Riau Kombes Guntur Aryo Tejo.

Tak hanya menitipkan sepeda motor, pemudik juga diminta waspada terhadap rumah yang ditinggalkan. Pemudik diminta menitipkannya kepada tetangga atau dimintai tolong memperhatikan rumah selama ditinggalkan.

"Polisi juga akan meningkatkan patroli selama mudik ataupun libur lebaran berlangsung," kata Zulkarnain.

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.