Sukses

Mendekati Lebaran, Zumi Zola Sibuk Cari Lubang di Jalan

Zumi Zola menargetkan seluruh lubang di jalan bisa ditutup pada H-3 Lebaran.

Liputan6.com, Jambi - Memasuki pertengahan bulan suci Ramadan, Gubernur Jambi Zumi Zola makin sibuk turun ke jalan. Ia ingin memastikan seluruh jalan berstatus jalan provinsi sebisa mungkin aman dilalui para pemudik.

Senin sore, 12 Juni 2017, Zumi Zola meninjau salah satu ruas jalan Simpang Tempino arah Muarabulian, Kabupaten Batanghari. Jalur itu merupakan jalur antar-kabupaten yang cukup sibuk dilalui warga.

Menurut Zola, Jalan Simpang Tempino menuju Muarabulian itu nantinya akan dibeton. Mengingat Lebaran sudah dekat, pengerjaan jalan tidak mungkin selesai dalam waktu singkat. Maka itu, terlebih dahulu dilakukan perbaikan dan penimbunan beberapa titik lubang dahulu.

"Ada sekitar 2,5 kilometer bisa dikatakan rusak berlubang. Ini yang harus diperbaiki, harus selesai H-3 Lebaran," ujar Zumi Zola.

Agar perbaikan sesuai target, Zumi Zola menyatakan akan mendorong pihak kontraktor memenuhi kebutuhan itu. Perbaikan tersebut juga dikoordinasikan dengan Balai Jalan Nasional karena jalur jalan provinsi terintegrasi dengan jalan yang berstatus jalan nasional.

Untuk jalur Simpang Tempino merupakan jalan yang tersambung dengan jalan berstatus nasional, yakni jalan lintas timur Sumatera arah Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), yang ada di Jambi.

Zola menyebutkan, perbaikan dan penimbunan lubang juga berlaku di sejumlah ruas jalan provinsi di Jambi yang ada di beberapa kabupaten, seperti Kabupaten Muarojambi, Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), jalur Kabupaten Merangin menuju Kabupaten Kerinci.

"Sejumlah alat berat juga ditempatkan di beberapa titik jalur rawan bencana atau longsor. Di jalur ini ada empat alat berat, yakni di daerah Sungai Bahar, Sungai Gelam, Kumpeh dan Tempino," ucap Zola menjelaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini