Sukses

Akhir Perburuan Kekasih Calon Pengantin Wanita yang Tewas

Tim pemburu kekasih calon pengantin wanita yang tewas itu sebelumnya tak diizinkan pulang sebelum berhasil.

Liputan6.com, Palembang - Perburuan atas Martinus Asworo (30), kekasih calon pengantin wanita yang tewas, Chatarina Wiedyawati alias Wiwit (30), berakhir. Asworo berhasil ditangkap pihak kepolisian di Bandar Lampung.

Penangkapan Asworo yang diduga menjadi dalang pembunuhan Wiwit pada pertengahan Mei 2017 terjadi pada Senin, 12 Juni 2017. Ia ditangkap anggota Direktorat Reserse Kriminal Umum (Dirkrimum) Polda Sumatera Selatan (Sumsel) di Lampung.

Kapolda Sumsel Irjen Agung Budi Maryoto membenarkan pihaknya telah menangkap terduga pembunuh Wiwit, alumnus pascasarjana Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

"Betul (sudah tertangkap) di Lampung," ujarnya kepada Liputan6.com.

Saat ini, pihaknya sedang membawa Asworo ke Kota Palembang untuk diproses lebih lanjut. Puluhan petugas juga menjaga ketat proses pemulangan pacar calon pengantin wanita ini dari Lampung.

Sejak dinyatakan menghilang usai penemuan jasad Wiwit, Kapolda Sumsel memerintahkan timnya untuk mencari Asworo. Bahkan, tim Polda Sumsel tidak diizinkan pulang jika Asworo belum tertangkap.

"Perintah saya, tim tidak boleh pulang sebelum ditangkap," katanya.

Untuk mengungkap kasus ini, tim Polda Sumsel rutin mengevaluasi proses pencarian agar bisa menangkap Asworo. Terlebih, kasus pembunuhan calon pengantin wanita itu menjadi prioritas Polda Sumsel.

"Setiap dua kali dalam seminggu, kita rapat untuk membahas itu, karena (kasus pembunuhan) cukup sadis," ujarnya.

Jenazah calon pengantin wanita ini ditemukan pada 11 Mei 2017 di Jalan Sungai Sedapat RT 41/8 Kelurahan Sukajaya, Kecamatan Sukarami, Palembang.

Penemuan ini menghebohkan warga sekitar karena kondisi tubuh Wiwit yang penuh dengan luka akibat penganiayaan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Warganet Sebar Foto Asworo

Akun Facebook Asworo dengan mana Azz Martinus terus dibanjiri komentar para warganet. Banyak komentar geram saat Asworo belum tertangkap.

Hingga salah satu akun Facebook bernama Rengganis Istikasari mengunggah penangkapan Asworo di Lampung. Warganet pun langsung mengomentari unggahan tersebut.

Ya dah ditangkap td adik perempuan yg dibunuh jg posting kalau dah ditangkap,” tulis akun Wie Wie.

Akun lain bernama Mey Sabrina Ubro menuliskan rasa bahagianya karena pacar Wiwit akhirnya tertangkap.

Puji Tuhan dah tertangkap. Semoga semua berakhir dan berhenti menghujat satu sama lain,” tulisnya.

Warganet lainnya berharap dengan penangkapan Asworo ini, akan meredam selisih pendapat di unggahan foto Facebook Asworo yang sempat heboh. Seperti ditulis akun Fia Sukarno, ia berharap para warganet bisa saling memaafkan dan bisa mendoakan yang terbaik untuk korban.

Kita doakan semoga alm mb Catherine tenang disana dan pembunuhnya dihukum sesuai dengan perbuatannya. Bravo juga buat pihak kepolisian yang telah bekerja keras menangkap pembunuhnya,” tulisnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.