Sukses

Berburu Kain Kiloan di Surga Bahan Tekstil Cigondewah Bandung

Harga kain kiloan di Cigondewah berkisar antara Rp 50 sampai Rp 80 ribu per kg. Semua tergantung jenis bahan.

Liputan6.com, Bandung – Sentra kain Cigondewah, Bandung, menjelang Lebaran tampak lebih ramai dari hari biasanya. Di tempat itu, para pemburu kain kiloan menyemut dan asyik memilih sejumlah bahan tekstil berkualitas dengan harga relatif murah.

Berbeda dengan sentra kain pada umumnya, kawasan Cigondewah justru berupa jalan raya. Di sisi-sisi jalan berderet rumah-rumah yang dijadikan toko kain. Meski demikian, ada juga yang khusus menjadikan kawasan toko kain.

Awalnya, Cigondewah terkenal murah karena menjual kain sisa ekspor dan produk yang tidak lulus uji kualitas. Namun, itu berlaku di era 90-an saja. Saat ini, toko-toko di kawasan Cigondewah menjual bahan tekstil terbaru dengan kualitas baik dengan beragam jenis, seperti katun, wol, sifon, linen, dan lain-lain.

Untuk menuju lokasi, pengunjung cukup menempuh jarak sekitar 30 menit dari pusat Kota Bandung. Patokannya, jalan yang berbatasan dengan perumahan Taman Kopo Indah dan Cijerah di ujung jalan yang lainnya.

Salah seorang pemilik bisnis baju, Iqbal Kusumadireja (31), mengatakan keunggulan belanja bahan di Cigondewah adalah lebih murah dibanding tempat yang lain. "Kalau di sini kan bisa beli kain kiloan, jadi jatuhnya lebih murah. Kalau punya langganan lebih bagus lagi," kata Iqbal, Sabtu, 10 Juni 2017.

Pantauan Liputan6.com, harga kain yang dijual di toko kain ini mulai dari Rp 15 ribu hingga 45 ribu per meter kain. Adapun kain kiloan berkisar antara Rp 50 sampai Rp 80 ribu. Semua tergantung jenis bahan.

Salah satu penggemar kain Cigondewah adalah pengusaha konveksi Uus Sofyanda (32). Ia mengaku selalu membeli bahan dari Cigondewah karena punya kelebihan dibanding tempat lain.

"Kelebihannya di Cigandowah ini barangnya eks garmen. Barang yang dipakai kualitasnya lebih bagus," kata pemilik usaha konveksi jaket asal Ciwidey ini.

Selain itu, kata Uus, jenis kain yang dijual beraneka ragam. "Mulai dari bahan polyester, gortek dan lain-lain semua lengkap ada di sini," tuturnya.

Jadi, sudah siap berbaju baru dengan kain pilihan di Cigondewah?

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.