Sukses

Catat Tanggalnya, Pemkab Banyuwangi Siapkan Mudik-Balik Gratis

Ada tiga rute yang disediakan dengan moda yang berbeda untuk mudik-balik gratis dari Pemkab Banyuwangi.

Liputan6.com, Banyuwangi - Pemerintah Kabupaten Banyuwangi kembali menggelar mudik dan balik gratis menyambut Hari Raya Idul Fitri 1438 H. Ada tiga rute yang disediakan dengan moda yang berbeda, yakni rute Bali-Banyuwangi pp , Surabaya-Banyuwangi pp, dan Banyuwangi-Sapeken pp.

Mudik gratis akan digelar mulai tanggal 19 s/d 23 Juni 2017, sedangkan balik gratis secara serentak tanggal 2 Juli 2017.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Banyuwangi, Kusiyadi, menyampaikan program mudik ini dilakukan untuk memudahkan bagi warga yang ingin berlebaran di kampung halamannya.

"Selain itu, mudik-balik gratis ini diharapkan bisa mengurangi kepadatan lalu lintas serta menekan angka kecelakaan di jalan raya selama lebaran," tutur Kusiyadi dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Rabu 7 Juni 2017.

Rute Bali-Banyuwangi akan dilaksanakan Rabu 21 Juni 2017. Pemkab menyiapkan enam armada bus dan satu truk pengangkut sepeda motor pemudik. Untuk rute ini, pemkab bekerja sama dengan Ikawangi Dewata (ikatan Keluarga Banyuwangi) untuk mengatur kesiapan peserta mudik di Bali.

"Rute mudik gratis Bali-Banyuwangi ini hanya dilaksanakan sehari. Start-nya dari tempat parkir Kuta, Denpasar pukul 09.00 WITA. Kami kerjasama dengan Ikatan keluarga Banyuwangi Dewata untuk mengatur para pemudik selama keberangkatan," kata Kusiyadi.

Sementara mudik rute Surabaya-Banyuwangi akan dilaksanakan dalam dua gelombang. Yaitu Kamis 22 Juni dan Jumat 23 Juni 2017 menggunakan 20 armada bus berkapasitas total 1.100 penumpang.

"Ini hasil kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Tiap gelombang akan menggunakan 10 armada bus. Pemudik akan bertolak dari kantor Dinas Perhubungan dan Lalu Lintas Angkutan Jalan (DLLAJ) Provinsi Jawa Timur, Jalan A Yani Surabaya, pukul 09.00 WIB," ucapnya.
Ada tiga rute yang disediakan dengan moda yang berbeda untuk mudik-balik gratis dari Pemkab Banyuwangi. (Liputan6.com/Dian Kurniawan).
Pemkab Banyuwangi juga menyediakan mudik dengan transportasi kapal laut. Rute yang ditawarkan adalah Banyuwangi-Sapeken dengan jadwal berangkat setiap hari mulai Senin 19 Juni- Senin 3 Juli 2017. Kecuali saat hari H lebaran,  yaitu Minggu 25 Juni dan Senin 26 Juni 2017. Rute ini diawali dari Pelabuhan Tanjung Wangi, Ketapang, Banyuwangi.

"Kapal laut ini akan berlayar tiap hari. Diawali dari Banyuwangi pada 19 Juni lalu bertolak menuju Sapeken. Tanggal berikutnya kapal itu baru bertolak dari Sapeken menuju Banyuwangi. Begitu terus setiap hari bergantian, totalnya ada 14 trip yang kami perkirakan akan mengangkut 2.800 penumpang," ujar Kusiyadi.  

Dia menambahkan, pendaftaran mudik gratis ini dibuka mulai tanggal 5 Juni sampai 21 Juni 2017 atau hingga tiket habis. Para pemudik yang ingin memanfaatkan layanan ini bisa langsung mendaftar.

Pendaftaran untuk rute Surabaya-Banyuwangi bisa dilakukan di Dinas LLAJ Provinsi Jatim maupun pendaftaran secara online di alamat mudikgratis.dishub.jatimprov.go.id.

Sementara untuk yang rute Surabaya-Bali, bisa langsung ke kantor Ikawangi Dewata. Sedangkan pendaftaran penyeberangan kapal laut, calon pemudik bisa langsung ke Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Tanjung Wangi.

"Syarat pendaftarannya cukup menyerahkan foto copy KTP/SIM dan KK," kata Kusiyadi.

Jadwal balik gratis sendiri akan dilaksanakan serentak pada 2 Juli 2017. Untuk balik gratis, pemkab menyiapkan 12 armada bus untuk rute Surabaya-Banyuwangi, serta 2 bus dan 1 truk untuk Bali-Banyuwangi.

"Para pemudik bisa mendaftar langsung program balik di Kantor Dishub, Jl. Agus Salim Banyuwangi," ujar Kusiyadi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.