Sukses

Cara Kompak TNI-Polri di Surabaya Bangunkan Warga Sahur

Anggota TNI-Polri kompak bangunkan warga sahur di bulan Ramadan.

Liputan6.com, Surabaya - Musik patrol merupakan salah satu kesenian yang telah lama berkembang di Jawa Timur. Terlebih saat Bulan Ramadan, memainkan musik patrol salah satunya dengan menggunakan kentongan.

Dengan kentongan, musik patrol biasanya dilakukan untuk membangunkan orang dari tidur supaya segera sahur. Hal itu yang dilakukan anggota Koramil 0830/02 Semampir, Polsek Bubutan, dan Muspika Bubutan Kota Surabaya, Jawa Timur.

Meskipun hanya berbekal sejumlah kentongan, ketiga penguasa wilayah di Surabaya Selatan ini antusias menabuh kentongan yang dibawa saat membangunkan warga untuk sahur.

"Pelaksanaan patrol sahur tiga pilar ini bermaksud menciptakan suasana akrab guyub dan rukun dalam rangka memelihara Kamtibmas di Bulan Suci Ramadan serta meningkatkan kemanunggalan TNI Rakyat," kata Komandan Rayon Militer (Danramil) 0830/02 Semampir Mayor Inf Imam Suyoso kepada Liputan6.com, Rabu 7 Juni 2017.

Imam menambahkan, keikutsertaan Polsek dan Muspika Bubutan dalam kegiatan patrol sahur ini menunjukkan adanya sinergitas antar-instansi negara. Dengan begitu, ketiganya bisa kompak dalam menjaga kamtibmas di Surabaya selama Ramadan ini.

"Ini sebagai bentuk sinergitas antar-instansi pemerintah. Selain itu, adanya pemahaman bahwa keamanan menjadi tanggung jawab bersama, khususnya pada bulan suci Ramadan ini dan juga diharapkan seterusnya," ujar Imam.
 
Sementara itu, salah satu warga setempat, Arifin  berharap ke depannya tak hanya patrol sahur di bulan Ramadan saja yang dilakukan tiga pilar kamtibmas ini, tetapi juga mereka diharapkan dapat menekan angka kriminalitas.

"Kami berharap ada terjalin komunikasi aktif antar-instansi warga sehingga setiap permasalahan yang ada dapat diselesaikan dengan baik," kata Arifin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.