Sukses

Ada Heli Siaga di Jalur Mudik Pantura

Diperkirakan puncak arus mudik terjadi pada akhir pekan tanggal 23 Juni 2017.

Liputan6.com, Semarang - Tiga pintu tol dari Brebes Timur hingga tol fungsional sementara di Gringsing Kabupaten Batang, diperkirakan akan sangat padat saat arus mudik lebaran 2017. Perkiraan itu disampaikan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian usai meninjau kesiapan arus mudik, Rabu (7/6/2017).

Menurut Tito, tiga titik utama itu masing-masing pintu tol Kaligangsa (Brebes Timur), Pejagan (Brebes), dan Gringsing (Batang). Kapolri berharap dengan banyaknya exit tol, meskipun padat tak sampai menimbulkan kemacetan.

"Mudah-mudahan di Gringsing hanya padat tapi tidak padat macet total  seperti tahun lalu (di Brexit)," kata Tito, di Pangkalan Udara Militer Ahmad Yani Semarang, Rabu (7/6/2017) .

Untuk kesiagaan, Polri menyiapkan antisipasi dengan pengalihan arus jika terjadi kemacetan parah. Diprediksi kepadatan kendaraan saat arus mudik akan sangat berbeda dari tahun lalu karena pembangunan infrastruktur termasuk fly over yang menuju arah jalur Selatan sudah selesai.

"Di Pejagan bisa keluar menuju ke arah Selatan seperti Slawi, Banyumas, Cilacap. Prediksi Kapolda banyak keluar di situ. Dulu terhambat perlintasan kereta api, sekarang ada fly over. Pasar tumpah dijaga dipasangi tali," kata Tito.

Langkah lainnya juga dilakukan seperti menyiapkan mekanik mobile, bahan bakar kemasan, dan tim kesehatan bahkan helikopter untuk kondisi darurat. Fasilitas rest area juga disiapkan, selain itu petugas juga akan disiagakan di tol fungsional sepanjang 110 km itu.

"Kalau urgent, kita siapkan heli di Kendal dan Brebes dari Basarnas dan Polri juga," katanya.

Diperkirakan puncak arus mudik terjadi pada akhir pekan tanggal 23 Juni 2017. Kapolri berharap masyarakat bisa mengatur jadwal dan bisa berangkat lebih awal agar tidak terjadi kepadatan.

"Kalau bisa jangan numpuk H-1. Tiga atau empat hari sebelumnya sudah berangsur pulang. Arus balik nanti Sabtu Minggu depannya, itu kerawanan arus balik puncak. Masyarakat jangan berbondong-bondong Sabtu-Minggu, Kamis sudah bisa mulai pulang," kata Kapolri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini