Sukses

Kala Kendaraan Jemaat Gereja Parkir di Halaman Masjid Papua

Liputan6.com, Jayapura - Dua puluhan remaja Masjid Al-Ikhlas Organda, Abepura, Kota Jayapura, Papua, berbaris rapi di depan masjid di lahan seluas 630 meter persegi. Mereka mempersilakan kendaraan roda dua milik umat Nasrani yang merayakan Hari Pentakosta ke-2.

Puluhan remaja tanggung itu sengaja mempersilakan jemaat Gereja GKI Lembah Yordan untuk masuk ke pelataran parkir pada masjid yang terletak di permukiman padat penduduk ini. Akibatnya, halaman parkir depan masjid yang berukuran 30 x 15 meter dipenuhi lebih dari 100-an kendaraan roda dua.

Ketua Masjid Al-Ikhlas Organda, Anang Budiono, menuturkan antara umat Nasrani dan Muslim di daerahnya selalu saling memberikan perhatian dan membantu antara satu dan yang lainnya.

Gereja GKI Lembah Yordan letaknya tak jauh dari letak Masjid Al- Ikhlas, kira-kita berjarak 100 meter. Kedua tempat ibadah itu selalu memberikan lahan parkir ataupun ucapan hari raya besar masing-masing agamanya.

"Kami saling memberikan ucapan hari raya keagamaan, baik dari umat Muslim kepada umat Nasrani atau sebaliknya. Seperti hari ini, kami memberikan ucapan Hari Pentakosta dan mempersilakan semua kendaraan jemaat GKI Lembah Yoran untuk dapat diparkir di halaman masjid," kata Anang, Senin, 5 Juni 2017. 

Anang mengaku, pendeta dan jemaat GKI Lembah Yordan juga selalu mendoakan dan memberikan ucapan Ramadan kepada jemaah Masjid Al-Ikhlas.

"Kami tak pernah terpengaruh dengan gesekan antar-agama yang terjadi di luar sana. Ini karena kami menganggap warga satu dan yang lainnya adalah bersaudara. Kami selalu dipersatukan dengan rasa kemanusiaan," ujarnya.

Justru karena persatuan inilah, acara hari besar keagamaan hampir tak pernah melibatkan aparat keamanan dalam pengamanannya.

"Masing-masing umat selalu menjaga keamanan dan ketertiban dalam beribadah," ujarnya.

Salah satu Jemaat Gereja GKI Lembah Yordan yang bermukim di Perumahan Organda, Mathius Urbinas, menyebutkan kekerabatan antara umat Muslim dan Nasrani di Organda terwujud dalam beragam kegiatan.

"Kami selalu kompak dalam kegiatan apa pun yang kami kerjakan, baik kegiatan agama ataupun kegiatan kemanusiaan lainnya. Hal-hal indah selalu ciptakan di tempat ini," ujarnya.

Pemerintah Provinsi Papua meliburkan hari Senin, 5 Juni 2017 sebagai Hari Raya Pentakosta ke-2 bagi umat Nasrani di Bumi Cenderawasih. Libur fakultatif memberikan kesempatan kepada umat Nasrani untuk merayakan Hari Pentakosta.

Perayaan Pentakosta di Gereja GKI Lembah Yorban diikuti oleh ribuan umat Nasrani dari GKI Klasis C yang tersebar di lima distrik di Kota Jayapura, Papua.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini