Sukses

6 Tempat Santap Sahur di Bandung yang Patut Dicoba

Di Bandung, banyak tempat-tempat makan yang menyediakan menu sahur saat bulan Ramadan. Terutama buat anak kos dan pasangan muda.

Liputan6.com, Bandung - Tak terasa puasa di bulan Ramadan kali ini sudah berjalan satu pekan. Awalnya mungkin terasa berat, namun ketika dijalankan puasa kian mudah dan menyegarkan.

Selain menguatkan ibadah, kaum muslim selama Ramadan juga mengalami perubahan aktivitas dibandingkan bulan lainnya. Salah satunya kegiatan sahur dan berbuka puasa. Untuk mencari menu yang pas untuk berbuka mungkin tak terlalu sulit. Itu karena lebih banyak penjual makanan yang bisa didatangi.

Lain halnya ketika santap sahur yang dilakukan sebelum azan subuh berkumandang. Waktu sahur sendiri sangat terbatas. Akan terasa merepotkan lantaran harus memasak sebelum subuh tiba.

Ada banyak alternatif selain memasak sendiri. Caranya mendatangi tempat makan yang sudah mengolah masakan atau hidangan saat sahur, sehingga tidak perlu berjibaku di dapur.

Di Bandung, Jawa Barat, banyak tempat-tempat makan yang menyediakan menu sahur. Terutama buat anak kos dan pasangan muda.

Berikut enam tempat untuk santap sahur yang ada di Kota Kembang yang patut dicoba:

1. Saung Punclut Ciumbuleuit

Kawasan Punclut tak hanya dikenal sebagai daerah ketinggian dengan hawa dingin. Di sini merupakan salah satu kawasan kuliner dengan deretan warung-warung makan berupa saung di pinggir tebing. Salah satunya Saung Punclut Sangkan Hurip.

Warung makan ini buka 24 jam. Tak hanya sebagai tempat berbuka, Saung Punclut juga merupakan salah satu destinasi kuliner yang cocok untuk sahur. Berbagai macam makanan tradisional disajikan di Saung Punclut seperti timbel, sambal pecel, ikan asin, ikan tawar hingga sayuran.

Untuk mencapai Saung Punclut dapat menempuh jalur menuju Bandung utara ke daerah Ciumbuleuit, kemudian turun di Rumah Sakit Salamun menuju jalan bukit, lalu berakhir di Jalan Pagarmaneuh.

2. Cafe Halaman

Ada enam tempat untuk santap sahur saat bulan Ramadan di Bandung, yang dapat dikunjungi dan direkomendasi. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Cafe Halaman yang terletak di Jalan Taman Sari No 92, Bandung ini adalah salah satu tempat makan 24 jam. Kafe ini mengusung desain interior ala rumahan yang cukup akrab di telinga anak muda Bandung.

Selama bulan puasa ini, pengelola Cafe Halaman menyediakan paket Ramadan. Mulai dari paket nasi timbel komplit hingga nasi ayam sambal matah. Disediakan pula menu sahur dengan harga terjangkau.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cawit Cafe dan RM Sari Bundo

3. Cawit Cafe

Bagi mereka yang di rumah, tapi tak punya cukup waktu untuk masak sendiri menjelang sahur, datang ke kafe bisa menjadi solusi. Cawit Cafe yang berada di Jalan Ciumbuleuit No 129, Bandung ini buka 24 jam.

Kafe yang telah berdiri sejak 2004 ini dekat dengan Kampus Universitas Katolik Parahyangan (Unpar). Makanan dan minuman yang ada di Cawit Cafe ini porsinya luar biasa, tapi bersahabat dengan kantong.

4. Rumah Makan Sari Bundo

Ada enam tempat untuk santap sahur saat bulan Ramadan di Bandung, yang dapat dikunjungi dan direkomendasi. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Bosan dengan menu ala kafe dan restoran saat santap sahur? Biar tidak bosan mending datang ke Rumah Makan Sari Bundo yang berlokasi di Jalan Taman Pramuka No 175, Bandung.

Di tempat makan ini pengunjung bisa mencoba santap sahur dengan makanan khas Padang. Meskipun termasuk kelas restoran mewah, harganya masih ramah di kantong.

Berbeda dari warung nasi Padang pada umumnya, di Sari Bundo pengunjung dapat mengambil makanan sendiri sesuai kebutuhan alias prasmanan.

3 dari 3 halaman

Kedai Mamah Eha dan Bober Cafe

5. Kedai Mamah Eha

Mau santap sahur, tapi tidak mau repot? Datang saja ke Kedai Mamah Eha. Tempat makan 24 jam ini menyediakan berbagai menu makanan berat, ringan sampai dessert atau hidangan penutup.

Kedai ini termasuk salah satu tempat sahur maupun berbuka puasa di Bandung, cocok untuk semua usia. Selain itu harga menu makanan di Kedai Mamah Eha termasuk cukup murah. Bagi yang ingin menyantap sahur hanya perlu merogoh kocek mulai dari Rp 10 ribu hingga Rp 50 ribu.

Kedai Mamah Eha ini beralamat di Jalan Diponegoro No 3A, Bandung atau tepat di seberang Gereja GKI Maulana Yusuf.

6. Bober Cafe

Ada enam tempat untuk santap sahur saat bulan Ramadan di Bandung, yang dapat dikunjungi dan direkomendasi. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Alasan mencari tempat santap sahur di luar kos bagi anak muda adalah keramaian. Ketimbang sahur sendirian, mending ke Bober Cafe.

Salah satu kafe anak muda ini tersebar di beberapa lokasi di Bandung. Yang paling favorit serta buka 24 jam ada di Jalan RE Martadinata No 123.

Tempatnya nyaris tak pernah sepi dengan hilir mudik anak muda. Selain itu menu buat santap sahurnya pun lumayan lengkap. Mulai dari menu lokal kayak nasi dan ayam goreng hingga steak ala Eropa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.