Sukses

Paket Mudik Praktis Penumpang Kapal ke Semarang dan Surabaya

Penumpang kapal yang turun di Tanjung Emas dan Tanjung Perak bisa langsung diantarkan ke kota mudik tujuan secara gratis.

Liputan6.com, Surabaya - Pada Ramadan tahun ini, PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III (Persero) kembali menggelar program mudik gratis menggunakan moda transportasi laut untuk musim Lebaran.

"Kami siapkan 126 trip mudik gratis untuk penumpang kapal laut," tutur Corporate Secretary Pelindo III Faruq Hidayat saat membuka program tahunan Pelindo III yang bertema, Yuk Pulang Kampung, Mudik Gratis Bareng Pelindo III, Selasa, 30 Mei 2017.

Pelindo III menyediakan bus gratis di dua lokasi pelabuhan untuk program mudik gratis 2017 ini. Bus gratis dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, dan Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang itu tersedia selama tujuh hari berturut-turut.

"Sejak H-7 hingga H-1 sebelum Hari Raya Idul Fitri 1438 H, atau mulai tanggal 18 Juni hingga 24 Juni 2017," kata Faruq.

Kegiatan mudik gratis yang selalu sukses digelar Pelindo III itu untuk menjawab kebutuhan masyarakat, khususnya pengguna kapal laut yang mudik saat Lebaran tiba. Melalui program tersebut, Pelindo III akan mengantar langsung para pemudik ke beberapa kota tujuan mudik di Pulau Jawa.

"Sedikitnya, tujuh ribu penumpang kapal laut dari Pulau Kalimantan yang berangkat dari Pelabuhan Kumai, Sampit, Pontianak dan Balikpapan serta Makassar dengan tujuan akhir Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dan Tanjung Emas akan kami antar hingga tujuan," ucapnya.

Pelaksanaan program yang diprakarsai dan sepenuhnya didanai Pelindo III itu, bersinergi dengan BUMN lain, yaitu PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) selaku operator kapal penumpang dan Perum Damri untuk penyediaan armada bus.

Program Mudik Gratis Bareng Pelindo III ini bertujuan memudahkan para penumpang kapal laut yang melanjutkan perjalanan dengan moda transportasi darat hingga sampai kota tujuan.

"Bagi masyarakat yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut terkait program mudik gratis bagi penumpang kapal laut yang diselenggarakan oleh Pelindo III, bisa langsung mengakses ke website: www.pelindo.co.id," ujar Faruq.

Sementara itu, Senior Manager Pelayanan Kapal dan Terminal Pelindo III, Bambang Hasbullah menyebut, ada enam rute dari Tanjung Perak Surabaya ke berbagai kota di wilayah Jawa Timur, di antaranya  Pasuruan - Probolinggo – Lumajang – Jember sebanyak 18 trip.

Sedangkan, rute Mojokerto – Jombang – Nganjuk – Madiun terdapat 21 trip, rute Kediri – Tulungagung – Trenggalek ada 22 trip, rute Lamongan – Bojonegoro – Cepu sebanyak sembilan trip, serta rute Surabaya – Pare – Blitar sebanyak lima trip.

"Dengan estimasi peserta mudik gratis yang diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Perak sebanyak 4.200 penumpang," kata Bambang.

Selanjutnya, dari 126 trip yang disiapkan untuk mudik gratis 2017, Pelindo III juga menyediakan rute dari Tanjung Emas - Semarang yang terdiri dari enam rute menuju kota di Provinsi Jawa Tengah, seperti Solo – Yogyakarta sebanyak 14 trip.

Kemudian, Demak – Kudus – Pati ada 11 trip, lalu Temanggung – Parakan – Wonosobo sebanyak 8 trip serta Magelang – Jogja – Purworejo disediakan 11 trip dan Kendal – Pekalongan – Pemalang sebanyak 7 trip.

"Estimasi peserta mudik gratis yang diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Emas adalah 2.900 penumpang. Sehingga, perkiraan total jumlah penumpang yang dibiayai oleh Pelindo III dalam mudik gratis tahun ini kurang lebih ada 7.100 penumpang," ucap Bambang.

Bambang menjelaskan, pemudik dapat mendaftarkan diri secara langsung di pelabuhan kedatangan pada loket pelayanan mudik gratis. Selanjutnya, pemudik tinggal menunjukkan tiket kapal dan bukti identitas diri untuk bisa mendapatkan fasilitas mudik gratis, seperti kaos mudik dan snack.

"Kami juga melindungi dan menanggung asuransi seluruh peserta mudik gratis Pelindo III. Fasilitas lain yang bisa diperoleh pemudik gratis Pelindo III ini adalah, bus yang dipakai dilengkapi fasilitas AC dan reclining seat," ujar Bambang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini