Sukses

Semarak Pasar Beduk Warnai Ramadan di Jambi

Berbagai menu langka yang ada saat Ramadan banyak dijual di pasar beduk Jambi

Liputan6.com, Jambi - Memasuki bulan suci Ramadan, salah satu lokasi paling dicari warga Jambi adalah 'pasar beduk'. Di pasar yang hanya ada setiap bulan Ramadan ini, warga bisa berburu berbagai menu makanan untuk berbuka puasa.

Tak hanya sebagai sarana berbelanja, pasar beduk juga menjadi wisata kuliner menunggu waktu berbuka puasa. Hampir setiap daerah kota maupun kabupaten di Jambi terdapat pasar bedug, baik yang dikelola secara swadaya maupun oleh pemerintah daerah.

"Lokasinya strategis, sambil jalan-jalan bisa mencari berbagai makanan berbuka puasa," Anggi, salah seorang ibu rumah tangga di Kelurahan Bagan Pete, Kecamatan Kotabaru, Kota Jambi, Senin, 29 Mei 2017.

Pasar beduk buka setiap sore hari selama bulan Ramadan mulai pukul 15.00 WIB hingga menjelang waktu Maghrib. Menurut Anggi, yang unik adalah banyak menu makanan langka bisa ditemukan di pasar beduk. Seperti gulai tepek ikan, tempoyak Jambi hingga kue burgo.

Khusus di Kota Jambi, terdapat beberapa lokasi pasar beduk. Baik yang dikelola swadaya maupun oleh Pemkot Jambi. Wali Kota Jambi Syarif Fasha saat meresmikan salah satu pasar beduk mengatakan, banyak sisi positif akan keberadaan pasar tersebut.

Selain sebagai sarana mencari menu berbuka puasa, pasar beduk berpotensi sebagai lapangan usaha baru bagi warga. Sementara untuk Pemkot Jambi, pasar beduk berpotensi menambah pendapatan asli daerah (PAD).

Agar kualitas makanan yang dijual terjamin kesehatannya, Fasha menggandeng Badan Pemeriksa Obat dan Makanan (BPOM) Jambi. Secara berkala dan rutin selama Ramadan, BPOM bersama Pemkot Jambi mengecek berbagai menu makanan yang dijual di pasar beduk.

"Cuma saya juga minta maaf apabila pasar beduk menyebabkan kemacetan jalan. Karena lokasinya yang strategis dan berada di pinggir jalan," ujar Fasha.

Beberapa titik pasar beduk di Kota Jambi ada di kawasan Pasar Kota Jambi, Muhajirin, Kompleks Setia Negara (Kosera), Persijam, Villa Kenali, dan beberapa lokasi lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini