Sukses

Tradisi Bupati Banyuwangi Jelang Ramadan

Liputan6.com, Banyuwangi - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mempunyai tradisi yang dipegang teguh menjelang datangnya Ramadan. Pada Ramadan tahun ini, dia mengajak warga dan para pegawai negeri sipil (PNS) di daerahnya untuk menyenangkan orangtua.

"Memang menyenangkan orang tua harus tiap hari. Tapi Ramadan ini momentum, terasa spesial. Bagi yang selama ini mungkin merasa super sibuk dan sedikit memperhatikan orangtua, sekarang mari senangkan mereka. Telepon, datangi, sungkem," tutur Anas usai melakukan tradisi sungkem ke ibundanya di Ponpes Mabadiul Ihsan Banyuwangi, Kamis 25 Mei 2017.

"Jika orangtua sudah wafat, ziarah ke makamnya. Bersihkan makamnya. Kirim doa," kata Anas.

Anas menambahkan, orangtua adalah kunci kebahagiaan dan kesuksesan. Dia termasuk orang yang punya keyakinan penuh soal ini,  tudak mungkin dia bisa bahagia jika orang tua kita tidak bahagia.

"Ini bukan soal materi, tapi bagaimana kita memperlakukan orang tua," ucap bupati berusia 43 tahun itu.

Selain membahagiakan orangtua, menjelang Ramadan, Anas mengajak warga melakukan gerakan bersih-bersih masjid. Gerakan ini mengajak masyarakat menyiapkan masjid dan surau menjadi bersih dan nyaman untuk menjadi pusat berbagai aktivitas selama berlangsungnya bulan suci umat Islam tersebut.

"Apabila masjid bersih dan harum, akan membuat jamaahnya betah melaksanakan ibadah di masjid. Tapi, semua warga sekitar masjid harus terlibat, jangan hanya mengandalkan takmir masjid," kata Anas.

Selain itu, Anas juga mengajak meningkatkan sedekah di bulan Ramadan. Menurutnya, sedekah ini mengandung banyak dimensi. Selain berpahala, sedekah merupakan ibadah sosial yang bermanfaat untuk sesama manusia.

"Sedekah akan membantu memperingan beban mereka yang membutuhkan. Mari kita perbanyak sedekah karena saat Ramadan segala amal ibadah dibalas Allah SWT dengan pahala berlipat ganda," ujar Anas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.