Sukses

PNS NTT Ditarik Sumbangan untuk Bangun Monumen Garuda Pancasila

Liputan6.com, Liputan6.com, Kupang - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) akan membangun monumen Garuda Pancasila sebagai tanda bahwa semaian butir-butir Pancasila lahir di Ende. Pembangunan monumen juga untuk menunjukkan bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) harga mati.

"Banyak orang mulai berpikir untuk mengguncang kebinekaan, karena itu kami ingin membuat sebuah monumen untuk menunjukkan bahwa NTT rumah Pancasila," kata Sekretaris Daerah NTT Frans Salem kepada Liputan6.com, Rabu, 24 Mei 2017.

Monumen Garuda Pancasila akan dibangun di Jalur 40, Kecamatan Alak, Kota Kupang. Karena berada di ketinggian, pemerintah setempat berharap monumen itu juga bisa menjadi ikon dan objek wisata andalan.

"Paling tidak, menunjukkan kepada semua orang bahwa Pancasila dikandung di NTT," ujarnya.

Perkiraan awal, pembangunan monumen Garuda Pancasila bakal menelan biaya Rp 100 miliar. "(Itu) Terlalu mahal, sehingga masih dihitung lagi agar biayanya hanya sebesar Rp 35 miliar," kata Frans.

Untuk membiayai pembangunan monumen tersebut, Pemerintah Provinsi NTT meminta sumbangan kepada pihak ketiga yang telah terkumpul Rp 500 juta. Selain itu, sumbangan dari para pegawai negeri sipil (PNS) sebesar Rp 100 ribu per orang dan bisa terkumpul hingga Rp 800 juta.

"Kami berharap ada pihak lain yang mau menyumbang untuk pembangunan ini," kata Frans.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini