Sukses

Raja Swedia Datang ke Bandung, Stasiun Disterilkan

Raja Swedia Carl XVI Gustaf bakal berjalan kaki dari rumah dinas Wali Kota Bandung ke Museum Asia Afrika.

Liputan6.com, Cirebon - Jadwal keberangkatan kereta api lokal Bandung Raya mengalami perubahan karena kedatangan rombongan Raja Swedia Carl XVI Gustaf ke Kota Bandung, Jawa Barat. Keberangkatan yang awalnya di sebelah timur Stasiun Bandung dialihkan ke sebelah utara stasiun karena jadwalnya berdekatan dengan kedatangan rombongan Raja Swedia Carl XVI Gustaf ke Kota Kembang tersebut.

Rombongan Raja Swedia berencana datang ke Kota Kembang menggunakan kereta dari Stasiun Gambir, Jakarta. Rombongan diperkirakan tiba di Stasiun Bandung lewat tengah hari pada hari ini.

Sementara, kereta api lokal yang dialihkan pelayanannya adalah KA 381 tujuan Bandung-Padalarang dengan jadwal keberangkatan pukul 11.42 WIB, KA 362 tujuan Bandung-Cicalengka dengan jadwal keberangkatan pukul 11.45 WIB, dan KA 395 tujuan Bandung-Padalarang dengan jadwal keberangkatan pukul 12.20 WIB.

Menurut juru bicara PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 2 Bandung, Joni Martinus, pengalihan pelayanan calon penumpang itu sebagai bagian untuk mensterilisasi kawasan Stasiun Bandung terkait kedatangan Raja Swedia dalam kunjungan hari ke-3 di Indonesia.

"Raja Carl XVI Gustaf dan Ratu Silvia dari Swedia akan mengunjungi Kota Bandung menggunakan kereta api Wisata Bali yang digandengkan dengan KA Argo Parahyangan. Rombongan direncanakan tiba di Stasiun Bandung sekitar pukul 12 siang," kata Joni Martinus dalam keterangan tertulis kepada Liputan6.com, Rabu (24/5/2017).

Joni menyebutkan, sterilisasi dilakukan mulai pagi hari tadi hingga menjelang kedatangan rombongan Raja Swedia. Dia menjelaskan satu ruangan transit khusus telah disediakan di Stasiun Bandung.

Upaya pengamanan rombongan Raja Swedia di Stasiun Bandung itu melibatkan 140 orang dari berbagai kesatuan kepolisian dan tentara. Total keseluruhan anggota pengamanan yang dikerahkan adalah 1.376 orang dari Waskita, tentara, Polda Jawa Barat, dan Polres Kota Bandung.

Rencananya usai tiba di Stasiun Bandung, Raja Swedia Carl XVI Gustaf bersama rombongan akan menuju rumah dinas Wali Kota Bandung, kemudian berjalan kaki menuju Museum Asia Afrika. Kunjungan satu hari Raja Carl XVI Gustaf di Bandung itu akan berakhir di Kampus ITB, Jalan Ganesa, Bandung, pada sore hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini