Sukses

Makna Kirab Wali Kota Baru Yogya

Wali Kota Yogyakarta beserta Wakil Wali Haryadi Suyuti dan Heru Purwadi diarak menuju Balai Kota Yogya.

Liputan6.com, Yogyakarta - Wali Kota dan Wakil Wali Kota Yogyakarta resmi dilantik Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan HB X di Bangsal Kepatihan. Usai dilantik, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Yogyakarta kemudian diarak menuju Balai Kota Yogya.

Wali Kota beserta Wakil Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti dan Heru Purwadi, diarak menggunakan Jeep yang diikuti sepeda motor dengan pengendara menggunakan pakaian khas Jawa.

Haryadi mengatakan ide ini tidak datang dari dirinya. Ide arak-arakan menuju ke Balai Kota Yogyakarta ini justru dari masyarakat yang mendukungnya.

"Bukan saya yang mau dikirab. Ini kemauan mereka, ya. Saya menghargai saja," ucap dia usai pelantikan di Bangsal Kepatihan, Yogyakarta, Senin (22/5/2017).

Haryadi menjelaskan dalam program 100 hari ke depan ia sudah menyiapkan bersama dengan pasangannya, Heru Purwadi. Ada beberapa hal yang harus dikoordinasikan dengan Pemerintah Provinsi DIY terkait pembangunan di Kota Yogyakarta.

"Yang jelas Jogja jaga kualitas kesejahteraan masyarakat. Jogja bersih dan Jogja aman," ujar dia.

Usai dilantik, Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti dan wakilnya, Heru Purwadi, diarak menggunakan Jeep dan diikuti motor dengan pengendara menggunakan pakaian khas Jawa. (Liputan6.com/Yanuar H)

Sementara itu, Muhammad Ilham dari relawan Haryadi-Heru mengaku sudah menyiapkan rencana ini sejak Minggu lalu. Para relawan sengaja mengarak Wali Kota Yogya dengan tema zaman dahulu dan tradisi untuk memperlihatkan identitas Kota Yogyakarta.

"Iya, ini kita kan relawan beliau dulu. Yang perjuangin dulu. Terus kita bikin acara ini. Sekitar 30 Anda dengan dua Jeep dan puluhan motor Pitung," kata Ilham.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini