Sukses

15 Bus Mudik Gratis Tersedia bagi Pemegang KTP Kota Malang

Warga Kota Malang diminta secepatnya mendaftarkan diri di kantor Dishub Kota Malang.

Liputan6.com, Malang - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang, Jawa Timur, menyediakan 15 unit bus untuk mudik gratis lebaran 2017 mendatang. Peserta mudik gratis itu diprioritaskan bagi warga yang mengantongi kartu tanda penduduk (KTP) Kota Malang.

Kepala Dishub Kota Malang, Kusnadi mengatakan, pemudik bakal diberangkatkan pada 22 Juni 2017 dengan titik kumpul di depan Balai Kota Malang.

"Warga yang berminat ikut bisa mendaftar dengan langsung datang ke kantor kami. Sementara ini, sudah pasti 15 bus yang akan disediakan untuk mudik gratis ini," ujar Kusnadi usai dengar pendapat di DPRD Kota Malang, Kamis, 18 Mei 2017.

Seluruh bus mudik gratis itu rinciannya enam bus disediakan dengan anggaran dari Pemkot Malang, sedangkan sembilan bus merupakan sumbangan pengusaha. Tidak menutup kemungkinan, jumlah bus yang disediakan akan bertambah jelang hari H mudik gratis.

Rute mudik gratis itu sementara ini menuju ke Madura yakni enam bus. Sementara, rute lainnya menyesuaikan tujuan terbanyak pendaftar mudik gratis. Pengalaman tahun–tahun sebelumnya, kawasan pantura seperti Gresik, Lamongan, Bojonegoro dan Tuban menjadi banyak tujuan para pemudik.

"Karena itu, kami imbau warga bisa secepatnya mendaftarkan diri mudik gratis ini," ucap Kusnadi.

Sementara itu, Ketua Komisi C DPRD Kota Malang Bambang Sumarto meminta Dishub juga mengawasi ketat angkutan lebaran, terutama bus di terminal selama untuk angkutan lebaran.

"Cek juga bagaimana kelaikan bus itu, termasuk kesehatan para pengemudinya. Itu bagian pelayanan pada penumpang," ujar Bambang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.