Sukses

23 Titik WiFi Jogja Istimewa Ada di Malioboro hingga Gunungkidul

WiFi Jogja Istimewa berlaku gratis bagi para penggunanya.

Liputan6.com, Yogyakarta - Wifi gratis dari Pemda DIY tersebar di 23 titik di daerah wisata Daerah Istimewa Yogyakarta. Wifi ini dapat dimanfaatkan warga maupun wisatawan yang datang ke Yogyakarta.

Kepala Bidang Pengembangan Layanan Teknologi Informatika Dinas Komunikasi dan Informatika DIY Sugeng Wahyudi mengatakan WfFi gratis ini disebar di beberapa lokasi mulai dari Malioboro hingga Taman Hutan Rakyat Bunder Gunungkidul.

Wifi dengan nama Jogja Istimewa ini tidak perlu password dan persyaratan lain. Cukup dibuka Wifi dan langsung terkoneksi dengan wifi Jogja Istimewa. Total jaringan ada 23 titik.

"Sepuluh titik di Malioboro, tiga Mangkubumi, taman budaya Puro Pakualaman, alun-alun selatan, empat titik alun-alun utara, dan tiga titik di Tahura," ujarnya di kantornya Rabu (17/5/2017).

Sebelumnya, Sugeng menjelaskan pemasangan wifi gratis ini menggunakan dana keistimewaan sebanyak Rp 830 juta. Wifi Jogja Istimewa sudah mulai diakses sejak Maret 2017.

"Kita bikin times out empat jam. Kalau tidak seperti itu, ya kita nggak tahu. Mulai Maret lalu, sudah on," ujarnya.

Sementara saat ini belum banyak yang memanfaatkan Wifi Jogja Istimewa sehingga pita lebar (bandwith) yang digunakan masih berlebih. Ia berharap warga dapat memanfaatkan akses layanan ini.

"Setiap Minggu selalu diukur bandwith. Sekarang belum banyak yang akses. Paling banyaknya Malioboro. Alun-alun itu malem," ujarnya.  

Salah satu penerima manfaat wifi Jogja Istimewa gratis adalah Wahyu. Ia bahkan mengaku kecepatan akses untuk berselancar menggunakan wifi ini cukup cepat.

"Sudah bisa kok dan cepat ya. Lumayan cepet untuk browsing," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.