Sukses

Layanan Bandara Sudah Normal Usai Aksi Anti-Fahri Hamzah

Akibat penyerbuan massa yang menolak kedatangan Fahri Hamzah, Bandara Sam Ratulangi alami kerusakan.

Liputan6.com, Manado - PT Angkasa Pura I yang mengelola Bandar Udara Sam Ratulangi Manado sudah memperbaiki pintu otomatis yang rusak karena ambruk didorong massa aksi yang menolak kehadiran Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah pada Sabtu, 13 Mei 2017. Pelayanan kembali berjalan normal.

"Semuanya sudah diperbaiki. Langsung diperbaiki malam harinya, dan sudah dipasang kembali," ujar Communication and Legal Section Head Angkasa Pura Bandara Sam Ratulangi Yuristo Ardhi Hanggoro, Senin, 15 Mei 2017.

Yuristo mengatakan, aksi unjuk rasa ribuan massa di bandara tak hanya mengganggu layanan penerbangan, tetapi juga merusak fasilitas yang ada. Selain pintu masuk otomatis, railing pembatas penjemput di depan pintu masuk itu juga sempat rusak. Meski begitu, pihak AP I tidak berniat melaporkan massa yang telah memasuki area objek vital secara ilegal.

"Jadi setelah aksi itu, kami lebih fokus memperbaiki fasilitas supaya operasi bandara tidak terganggu. Dan sejak Sabtu malam, semua sudah normal," kata Yuristo.

Kabid Humas Polda Sulut Ibrahim Tompo saat dikonfirmasi terkait aksi massa di bandara mengatakan, sejauh ini belum ada tindakan hukum. "Karena memang sampai saat ini juga tidak ada laporan dari pihak bandara," ujar Ibrahim kepada Liputan6.com, Senin, 15 Mei 2017.

Dalam aksi itu, sebagian demonstran merangsek masuk hingga ke service area Bandara Sam Ratulangi. Massa yang tersulut emosi karena tidak melihat Fahri Hamzah di bagian VIP menerobos masuk lewat area kedatangan domestik.

Desakan massa yang cukup banyak itu tidak bisa dihalangi oleh petugas keamanan. Akibatnya, pintu masuk otomatis rusak. Namun, pergerakan massa yang cukup banyak berada di area layanan cepat ditangani dan bersedia untuk keluar dari wilayah yang semestinya tidak untuk publik tersebut.

Empat penerbangan ditunda itu adalah JT 2743 dep Cangsha schedule 11.00 LT delay 24 menit, GA 684 dep Ternate schedule 11.25lt delay 20 menit, Silk air 273 dep SIN schedule 13.50 delay 74 menit, dan IW 1182 dep GALELA schedule 13.50 delay 79 menit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini