Sukses

Ratusan Penggemar Sepeda Gunung Serbu Bandung

Mereka yang tergabung dalam Federalis Bandung Indonesia (FBI) menggelar acara bertema Enam Tahun Perjalanan FBI.

Liputan6.com, Bandung - Ratusan federalist atau penggemar sepeda gunung merek Federal berkumpul dan berkeliling di Kota Bandung, Jawa Barat, sejak kemarin hingga hari ini.

Mereka yang tergabung dalam Federalis Bandung Indonesia (FBI) menggelar acara bertema "Enam Tahun Perjalanan FBI". Acara kumpul dipusatkan di Taman Pramuka, Jalan RE Martadinata, Kota Bandung. Panitia Milangkala ke-6 FBI menggelar panggung hiburan, bazar hingga bike camping.

"Target peserta 400 orang, kalau sampai sore ini sudah sampai 300. Komunitas sesama pencinta sepeda juga turut kita undang," ucap Ketua Pelaksana Milangkala ke-6 FBI, Aris Yunanto, Sabtu, 13 Mei 2017.

Aris menambahkan, perayaan ulang tahun FBI kali ini pihaknya turut mengundang FBI dari daerah lain. "Kita sebar undangan untuk FBI Jawa Barat dan Jabodetabek. Bahkan, ada yang sengaja datang dari Kediri, Dieng hingga yang dari Lombok."

Sebagai penutup rangkaian acara, rencananya digelar tur dalam kota. Tur ini akan menempuh sejumlah titik-titik di Kota Bandung, seperti kawasan Asia Afrika, Braga, Merdeka hingga kembali ke Taman Pramuka.

"Intinya acara ini jadi ajang silaturahmi internal sesama Komunitas Federal se-Indonesia," tutur dia.

Menurut Robby, anggota FBI mencapai 500 orang, 200 di antaranya aktif bersepeda. Setiap tahun anggota baru komunitas ini terus bertambah. Tak hanya orang tua, anggota FBI juga terdiri dari para remaja.

"Komunitas FBI ini ingin melestarikan sepeda Federal yang merupakan produk anak bangsa. Kebanyakan anggota memang orang yang dulunya punya Federal. Tapi sekarang anak SMP dan SMA juga ada yang bergabung," ujar dia.
Ratusan federalist atau penggemar sepeda Federal berkumpul dan keliling Kota Bandung, Jawa Barat, 13-14 Mei 2017. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)
Menurut Nasmin (45), salah seorang peserta dari Jakarta, ia tertarik datang karena sesama federalist punya kekeluargaan yang kuat. Dia mengayuh sepeda gunung bersama 15 pesepeda lainnya dari Kampung Rambutan, Jakarta Timur.

"Kita berangkatnya kemarin sore (Jumat, 12 Mei 2017) dari Jakarta. Jalurnya via Puncak," kata Nasmin asal Ciracas, Jakarta Timur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.