Sukses

18 Tahanan Polres Binjai Kabur Usai Jebol Tembok Kamar Mandi

Lima dari 18 tahanan kabur berhasil diringkus.

Liputan6.com, Binjai - Sebanyak 18 tahanan kabur dari Rumah Tahanan Polisi (RTP) Polres Binjai, Sumatera Utara, kabur. Para tahanan kasus narkoba itu kabur dengan cara menjebol dinding kamar mandi di dalam ruang tahanan.

Kepala Bidang Humas Polda Sumut Kombes Pol Rina Sari Ginting mengatakan, mereka kabur pada Sabtu, 13 Mei 2017, sekitar pukul 20.00 WIB. Menurut sejumlah tahanan, belasan tahanan kabur usai melaksanakan salat isya.

"Usai salat, para tahanan yang melihat aksi kabur itu berteriak ada tahanan kabur," ucap Rina saat dihubungi Liputan6.com, Minggu (14/5/2017).

Mendengar teriakan tersebut, petugas piket Bripka Deddy Koto, Brigadir Persadanta Ginting, dan Briptu Try Gusti melaporkan ke atasan. Selanjutnya, petugas piket langsung mendatangi ruang tahanan dan mengeceknya.

"Petugas yang piket langsung berusaha mengejar dengan menyisir di seputaran, dan mendapati sebuah lubang di dinding sebelah kamar mandi sel narkoba," Rina menjelaskan.

Menurut Rina, mengetahui ada tahanan yang kabur, petugas piket langsung mendata para tahanan. Diketahui dari 36 tahanan narkoba Polres Binjai, ada 18 tahanan yang kabur saat itu dengan cara menjebol tembok kamar mandi.

"Dinding yang dilubangi itu tepat di atas WC, dilubangi dengan menggunakan gerendel pintu sel yang terlebih dahulu dilepas oleh para tahanan yang kabur," ia menambahkan.

5 Tahanan Kabur Tertangkap

Hingga pagi tadi sekitar pukul 09.00 WIB, petugas gabungan Polres Binjai, Brimob, polsek, dan kodim setempat, berhasil meringkus 5 dari 18 tahanan kabur. Kelimanya ditangkap dari berbagai lokasi berbeda. Dua orang diringkus pada pukul 03.15 WIB dan 03.40 WIB.

"Dua orang lagi menyerahkan diri saat diambil dari oleh petugas di rumah keluarganya, satu lagi tadi baru diamankan. Jadi sudah lima yang diamankan, 13 lagi masih dalam pengejaran," Rina Sari Ginting memungkasi.

Berikut nama 18 tahanan kabur Polres Binjai:

1. Sukarno alias Karno
2. Rizqy Prayudha Pranata alias Yudha
3. April Ramadani alias April
4. Deni Syahputra alias Deni
5. Bocu Kenap alias Bocu
6. Ade Irawan alias Bram
7. Feri Anwar
8. Bambang Syahputra
9. Alfan Ramadan alias Dedek
10.Radit Ananda Ginting
11.Sehat Ginting alias Keling
12. Ade Irawan
13. Syaifuddin alias Syaiful
14. Devi Piliang alias Debrik
15. Dede Syahputra alias Tarso
16. Erwin
17. Hendrik Perdamean alias Jonggur
18. Syafruddin Lubis alias Udin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini