Sukses

Aktor Nicholas Saputra Siap Pamerkan Karya di ArtJog 10

Dalam pergelaran ArtJog 10, Nicholas Saputra akan menggandeng perupa Angki Purbandono.

Liputan6.com, Yogyakarta - Untuk pertama kalinya, aktor Indonesia Nicholas Saputra berpartisipasi sebagai salah satu peserta dalam ArtJog 10 yang akan digelar di Jogja National Museum (JNM) pada 19 Mei sampai 19 Juni mendatang.

Pemeran Rangga dalam film Ada Apa Dengan Cinta? (AADC) ini menggandeng perupa Angki Purbandono. Mereka menghasilkan karya berupa video, foto, dan catatan tulisan tentang kehidupan gajah di Tangkahan, Sumatera Utara.

Tujuannya, untuk meningkatkan kesadaran publik terhadap populasi gajah Sumatera yang kian menurun dan mengampanyekan perlindungan habitat dan Gajah Sumatera.

Kegiatan bertema "Changing Perspective" ini diikuti oleh 59 seniman, baik seniman undangan maupun seniman aplikasi. Mereka berasal dari dalam dan luar negeri, seperti Yogyakarta, Jakarta, Bandung, Bali, Jepang, London, Singapura, Filipina, Malaysia, China, Denmark, dan Jerman.

"Proses seleksi dilakukan tidak hanya berdasarkan kecocokan karya dengan konsep kuratorial, namun juga berdasarkan pada metode presentasi dan kebaruan gagasan yang ditawarkan," ucap Ignatia Nilu, tim kurator ArtJog 10 dalam jumpa pers di Yogyakarta, Jumat, 12 Mei 2017.

Pucuk Eksekutif (CEO) ArtJog Heri Pemad menambahkan, pergelaran ini menjadi ikon seni budaya di Yogyakarta. Ia menjelaskan perbedaan acara ini dengan tahun lalu adalah 50 persen peserta adalah nama seniman baru.

Salah satu karya yang akan ditampilkan dalam ArtJog 10 di Jogja National Museum (JNM) pada 19 Mei sampai 19 Juni 2017. (Liputan6.com/Switzy Sabandar)

Menurut dia, tema "Changing Perspective" berarti mengubah cara pandang, mencoba berbeda, dan banyak kejutan yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

"ArtJog kali ini paling nekat karena belum pernah melaksanakan konsep seperti ini dalam skala besar," ujar Heri.

Salah satu karya yang akan ditampilkan dalam ArtJog 10 di Jogja National Museum (JNM) pada 19 Mei sampai 19 Juni 2017. (Liputan6.com/Switzy Sabandar)

Berbeda dengan tahun sebelumnya, agenda seni kontemporer ini juga menawarkan nuansa baru dalam penyelenggaraan pameran, yakni berupa penampilan harian dari musikus, penari, aktor lokal dan nasional.

Jadi, para pengunjung tidak hanya bisa memanjakan mata lewat karya-karya yang dipamerkan, melainkan juga memiliki alternatif seni lainnya. Pada pembukaan ArtJog 10 akan tampil Dr and the Professor Featuring Sruti Respati dan Astri Kusumawardani.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini