Sukses

Sambut Pagi dan Serunya Hanyut dengan Perahu Donat

Inilah wisata petualangan yang dipilih Tim Purbalingga Go di Sungai Klawing, Purbalingga, Jawa Tengah.

Liputan6.com, Purbalingga - Terhanyut di derasnya arus sungai jelas berbahaya. Namun, bermain "hanyut-hanyutan" saat pagi hari dengan menyusuri Sungai Klawing, Purbalingga, Jawa Tengah, sangat seru.

Kegiatan wisata alam river tubing alias menyusuri sungai itu memang sedang tren di Kota Knalpot itu. Uniknya, untuk mengarungi sungai yang berarus cukup deras, mereka hanya bermodal sebuah ban dalam truk bekas yang dipasangi tempat duduk dari tutup ember bekas juga.

Perahu ala kadarnya dan berbahan serba bekas itu disebut dengan nama keren, yakni Perahu Donat. Itulah wisata petualangan yang dipilih Tim Purbalingga Go, beberapa hari lalu.

Setiap peserta dilengkapi dengan pelampung dan helm pelindung. Kombinasi arus sungai terpanjang di Purbalingga itu dengan Perahu Donat cukup membuat adrenalin terpacu.

Setiap anggota Tim Purbalingga Go pun tak henti-henti berteriak jika melewati jeram. Mereka mengawali rute di Desa Tangkisan dan berakhir di Desa Onje, dua desa itu ada di wilayah Kecamatan Mrebet.

Jaraknya kurang lebih lima kilometer dengan waktu tempuh sekitar dua jam. Total ada delapan jeram yang dilewati pada jalur tersebut di sungai selebar kurang lebih 10 meter itu.

Bahkan di salah satu perhentian yang ada air terjunnya, peserta bisa istirahat dan main loncat-loncatan dari tebing batu.

Kegiatan wisata alam river tubing menyusuri Sungai Klawing sedang tren di Purbalingga, Jawa Tengah. (Liputan6.com/Gun ES)

Selain arus yang menantang, pemandangan di kanan kiri sungai juga lumayan memanjakan mata. Pepohonan dan sawah yang hijau menghampar atau di lain tempat ada tebing batu yang kokoh menjulang.

Apalagi, sehabis mengarungi sungai ada suguhan kelapa muda plus tempe mendoan hangat yang menggoyang lidah dan mengenyangkan perut sekaligus mengenyahkan lelah. Lengkap sudah keseruannya.

"Seru banget, menantang banget, aku puas teriak-teriak, menyesal kalau enggak ikut," ujar Fira Badjri, peserta yang baru duduk di kelas 2 SMP.

Kegiatan wisata alam river tubing menyusuri Sungai Klawing sedang tren di Purbalingga, Jawa Tengah. (Liputan6.com/Gun ES)

Hijrah Utama, peserta lainnya pun ketagihan untuk kembali mengarungi Sungai Klawing. "Ah, kurang panjang rutenya nih, mau lagi lain kali."

Buat para petualang, jika bertandang ke Purbalingga, silakan coba sensasi hanyut dengan Perahu Donat di Sungai Klawing.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini