Sukses

Tahanan Kabur Pekanbaru Sembunyi di Loteng Sampai Rampas Motor

Tahanan kabur dari rutan di Pekanbaru berupaya lolos dari pengejaran.

Liputan6.com, Pekanbaru - Sebagian dari 200 tahanan kabur dari Rumah Tahanan (Rutan) Klas IIB di Jalan Sialang Bungkuk, Kecamatan Tenayanraya, Kota Pekanbaru, Riau, melakukan berbagai usaha supaya tidak tertangkap oleh petugas gabungan dari Polri dan TNI yang mengejarnya.

Berdasarkan penuturan warga sekitar, sebagian tahanan kabur ada yang berusaha merampas sepeda motor warga untuk kabur, hingga bersembunyi di loteng rumah.

"Bahkan ada yang mencuri pakaian dan menggantinya. Ada yang merampas motor warga. Mungkin supaya enggak ketahuan oleh petugas," ujar Khatimin, warga sekitar yang ditemui wartawan di lokasi kejadian.

Hal itu terjadi di Jalan Mangga Besar, Kelurahan Tangkerang Timur, Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru.

Hanya saja, ucap Khatimin, aksi tahanan ini berusaha digagalkan warga yang sudah bersiaga. Sebab, kaburnya tahanan ini diumumkan di masjid, sehingga warga pun diminta berhati-hati.

"‎Tadi diumumkan di masjid melalui pengeras suara supaya warga berhati-hati," katanya.

Sementara menurut Suyono, ada sekitar 20 tahanan kabur yang masuk ke lingkungan perumahannya, yakni Perumahan Mangga Besar.

"Di sini sudah ada delapan tahanan yang ditangkap," ucap pria berumur 60 tahun itu.

Selain itu, ada pula tahanan kabur yang melarikan diri dengan menceburkan diri ke sungai. Namun aksinya itu sia-sia karena petugas terus mengejar dan menangkapnya di air.

"Ini dia yang masuk ke sungai tadi," kata petugas mengiring seorang tahanan kembali ke rutan.

Sementara itu ada pula dua tahanan tertangkap sudah berada di Kabupaten Pelalawan, tepatnya di Jalan Lintas Timur, Kecamatan Sei Kijang. Keduanya ditangkap personel Polres Pelalawan yang melaksanakan razia.

"Dua tahanan itu dititipkan sementara di Mapolsek Sei Kijang. Nanti dibawa ke Rutan Sialang Bungkuk," kata Kabag Opersional Polres Pelalawan Kompol Edi Munawar kepada wartawan.

Edi menyebutkan, dua tahanan kabur ini ditangkap di Rigit Kilometer 35 Sei Kijang tengah berjalan kaki. Karena mencurigakan keduanya diinterogasi dan ternyata merupakan tahanan yang ikut kabur.

Simak video amatir mengenai tahanan kabur Rutan Pekanbaru berikut ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.