Sukses

2.500 Penggemar Sepeda Tua Siap Ngontel Bareng di Surabaya

Jambore Sepeda Tua dalam rangkaian perayaan HUT ke-724 Kota Surabaya, Jawa Timur.

Liputan6.com, Surabaya - Jambore Sepeda Tua bakal menyemarakkan rangkaian Hari Ulang Tahun ke-724 Kota Surabaya, Jawa Timur. Pemerintah Kota Surabaya bersama dengan Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti) bakal menggelar acara tersebut pada 6-7 Mei nanti.

Rencananya, Jambore Sepeda Tua akan diikuti 2.500 peserta. Para peserta tersebut berasal dari Jawa Timur dan luar daerah.

Menurut Ketua Komunitas Sepeda Tua Indonesia Slamet Mulyono, Jambore Sepeda Tua ini sudah menjadi bagian dari rangkaian HUT Kota Surabaya selama lima tahun terakhir. Dia juga mengajak masyarakat untuk ikut ambil bagian dari "ngonthel" bareng ini.

"Acara yang diikuti oleh berbagai kalangan ini akan diikuti oleh peserta dari berbagai daerah. Untuk itu, harapannya Surabaya bisa menjadi barometer Nusantara," ucap Slamet saat jumpa pers di Bagian Humas Surabaya, Kamis, 4 Mei 2017.

Jambore ini, imbuh dia, sekaligus ajang silaturami para peserta dari berbagai daerah.

Adapun Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Surabaya Afghani Wardhana mengatakan, karena menariknya acara ini, Wali Kota Blitar pun akan turut serta dalam "ngonthel" bareng ini.

"Jambore ini juga akan diisi oleh lomba-lomba dan pameran pernak-pernik sepeda tua," kata dia.

Lomba yang dimaksud tersebut dibagi dalam dua kategori, yaitu lomba individu dan beregu. Untuk lomba secara individu akan berlangsung pada Sabtu, 6 Mei 2017, yang meliputi Lomba Bersepeda Lambat dan Lomba Dorong Sepeda Mundur. Sedangkan, lomba secara grup akan berlangsung pada esok harinya, meliputi Lomba Kostum dan Lomba Ngonthel Bareng.

Konferensi pers Jambore Sepeda Tua dalam rangkaian perayaan HUT ke-724 Kota Surabaya, Jawa Timur. (Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Jambore ini akan dimulai di Stadion Gelora 10 November pada Sabtu, 6 Mei 2017 pukul 07.00 WIB, yang direncanakan akan dibuka Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

Rute yang akan dilalui para peserta yaitu, Tambaksari (Stadion Gelora 10 November)-Ambengan-Kusuma Bangsa-Kapasari-Kenjeran-Kedung Cowek-Tambak Wedi Baru-putar balik arah menuju Nambangan-Jembatan Surabaya-Sukolilo Lor-Kenjeran-Kapas Krampung-Tambaksari (kembali ke lokasi awal).

Masyarakat Surabaya dan peserta pun juga bisa mengunjungi pameran pernak-pernik sepeda tua yang terkadang susah ditemukan di tempat lainnya. Untuk masyarakat yang tertarik mengikuti acara ini, bisa mendaftarkan dirinya ke Sekretariat Kosti yang bertempat di Tambaksari, Surabaya.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.