Sukses

Banjir 40 Cm di Pasteur Bandung, Akses Menuju Tol Terputus

Banjir di kawasan Pasteur, Bandung, akibat dari tingginya intensitas hujan di daerah utara, seperti Setiabudi dan Sukajadi.

Liputan6.com, Bandung - Banjir kembali melanda kawasan Jalan Pasteur, tepatnya di depan Mal Bandung Trade Center (BTC) Kota Bandung, Jawa Barat. Banjir kali ini bahkan memutus arus lalu lintas, baik menuju jalan tol maupun masuk Kota Bandung.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, hujan yang terjadi pada sore tadi sekitar pukul 15.30 WIB, menyebabkan banjir setinggi betis orang dewasa atau sekitar 40 cm. Hal itu membuat arus lalu lintas macet total.

Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Yadi Hendarmin mengatakan, banjir di kawasan Pasteur akibat dari tingginya intensitas hujan di daerah utara, seperti Setiabudi dan Sukajadi.

"Durasi lama, memberikan efek airnya mengalir ke Sungai Citepus, karena lebar dan luas sungai itu cukup pendek, pasti air meluap ke jalan," ucap dia, dilansir Antara, Kamis (4/5/2017).

Selain itu, kata dia, ukuran drainase sangat kecil, sehingga tidak bisa menampung seluruh air kiriman dari wilayah hulu. "Di sini hujan kurang lebih dua jam di wilayah Bandung, menyebabkan banjir di wilayah Pasteur," ujar Yadi.

Sehari sebelumnya, lima rumah hanyut diterjang banjir bandang akibat meluapnya Sungai Ciwidey di kawasan Pasir Jambu, Kabupaten Bandung.

Menurut Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat, meluapnya Sungai Ciwidey karena curah hujan tinggi dan sempitnya bibir sungai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.