Sukses

Hati-Hati, Sudah 2 Orang Tewas Lewati Genangan Air

Hujan deras yang mengguyur Kota Pekanbaru, kemarin membuat sejumlah kawasan tergenang air.

Liputan6.com, Pekanbaru - Hujan deras yang mengguyur Kota Pekanbaru, Riau pada Senin 1 Mei 2017 membuat sejumlah kawasan tergenang air. Akibat genangan air itu, dua orang tewas tersengat listrik.

Kedua orang itu tewas di dua lokasi berbeda. Namun keduanya sama-sama tengah tewas ketika melewati genangan air.

Azwar Antoni tewas saat mengendari sepeda motor. Dia nekat menerabas genangan air yang diduga sudah teraliri listrik. Sementara Ermawati juga tewas saat mencoba mengecek genangan air di depan rumahnya.

Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Guntur Aryo Tejo SIK menyebut masing-masing korban Azwar Antoni dan Ermawati, sudah diserahkan ke keluarganya masing-masing setelah petugas melakukan olah tempat kejadian perkara.

"Hasil olah TKP dinyatakan kedua korban meninggal akibat sengatan listrik. Diduga ada kabel yang terkena genangan air akibat hujan deras tadi malam," kata Guntur, Selasa (2/5/2017) siang.

Informasi dirangkum Guntur dari Kasubbag Humas Polresta Pekanbaru Ipda Dodi Vivino, korban Azwar Antoni ketika kejadian baru pulang dari tempat kerjanya menuju rumah di Jalan Cipta Karya, kawasan Panam, Pekanbaru.

Di tengah derasnya hujan, korban nekat melintasi genangan air lebih dari 30 cm di Jalan Putri Nilam. Saat itu juga diduga ada kabel listrik putus dan terkena genangan air. Dia pun tewas tersengat listrik.

"Korban tersengat listrik dan meninggal di lokasi kejadian. Korban saat meninggal masih memakai helm dan berada di dekat sepeda motornya yang terjatuh," sebut Guntur.

Pengakuan warga sekitar, korban sudah tak bernyawa ketika ditemukan. Posisinya terlentang lengkap dengan atribut berkendara. Warga kemudian menghubungi petugas di Mapolsek Sukajadi.

Petugas PLN kemudian turut dihubungi untuk mematikan aliran listrik pada kabel yang putus. Langkah berikutnya jalan di sana ditutup supaya tidak menimbulkan korban jiwa lainnya, dan korban yang sehari-harinya bekerja sebagai tukang jahit diserahkan ke keluarganya.

Sementara korban Ermawati, sambung Guntur, tersengat listrik ketika mengecek genangan air di depan rumahnya. Wanita 56 tahun itu takut air masuk ke rumahnya karena hujan belum juga berhenti dari petang hingga malam hari.

Tanpa sengaja, korban memegang tiang listrik di depan rumahnya. Seketika itu juga, aliran listrik bertegangan tinggi langsung menyengat dan membuatnya tak sadarkan diri.

"Warga yang melihat langsung mengevakuasi korban dan dibawa ke rumah sakit. Korban meninggal dalam perjalanan," terang Guntur.

Kepolisian yang mendapat informasi langsung melakukan olah TKP. Petugas PLN dihubungi untuk memutus aliran listrik pada tiang agar tidak menimbulkan korban lain tewas tersengat listrik.

Atas kejadian ini, Guntur menghimbau warga Pekanbaru supaya berhati-hati ketika melintasi genangan air akibat hujan deras, apalagi yang berdekatan dengan aliran listrik.

"Karena BMKG memprediksi masih terus terjadi hujan pada petang hingga malam hari. Warga diminta berhati-hati dan menjauhi instalasi listrik serta mematikannya," ucap Guntur.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.