Sukses

Jauh dari Laut, Warga Garut Serbu Wisata Situ Bagendit

Keberadaan Situ Bagendit seluas 124 hektare memang menjadi magnet buat warga Garut dan sekitarnya saat liburan tiba.

Liputan6.com, Garut - Momen liburan panjang ketiga kali di bulan April, dimanfaatkan betul warga untuk berlibur. Tak ayal, sejumlah tempat wisata pun dijejali pengunjung. Salah satunya Situ Bagendit yang berada di Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Hermawan, salah satu petugas jaga kawasan Situ Bagendit mengatakan, jika dibanding hari biasa, kunjungan wisatawan saat liburan panjang mengalami lonjakan cukup signifikan.

"Mungkin bisa tiga kali lipat," ucap dia saat ditemui Liputan6.com, Minggu, 30 April 2017.

Keberadaan situ atau danau seluas 124 hektare itu memang menjadi magnet buat warga Garut dan sekitarnya saat liburan tiba. "Dekat saja daripada harus ke laut jauh," ujar Devi, salah seorang warga Banyuresmi.

Meskipun banyak sampah, kondisi itu tidak menyurutkan minat warga untuk menikmati liburan kali ini. "Saya bersama tiga anak baru pertama kali datang ke sini, ingin menikmati arena bermain air," tutur Sandi, pengunjung asal Bandung.

Menurut dia, keberadaan Situ Bagendit yang berada di dekat kota serta tiket yang terbilang murah yakni Rp 5.000 per orang, mampu menarik animo masyarakat untuk berkunjung. Tak ayal, pengunjung dari daerah tetangga pun seperti Bandung, Tasikmalaya, dan Jakarta, senantiasa meramaikan kawasan wisata tersebut.

Saat libur panjang, banyak wisatawan mengunjungi Situ Bagendit di Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat. (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

"Alamnya masih asri, sehingga keluarga pun menyenanginya," ujar Ajat yang juga datang dari Bandung.

Herni, petugas jaga taman bermain angsa air atau becak air mengakui, momen liburan panjang memberikan pemasukan yang cukup signifikan. Namun, khusus pekan ini karena jarak berdekatan dengan akhir bulan, jumlah pengunjung tidak seramai liburan panjang pekan lalu.

"Tapi minimal 100 pengunjung insyallah bisa kami himpun (masuk arena air)," ujar dia.

Hanya saja, mayoritas pengunjung yang datang ke Situ Bagendit, masih didominasi pengunjung lokal. Mereka berasal dari sekitar Garut, Tasikmalaya, Bandung, dan Jakarta. "Paling wisatawan luar sekali-kali," kata dia.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini