Sukses

Menyapa Pagi dengan Berkuda di Bibir Pantai Pangandaran

Bagi wisatawan yang ingin merasakan sensasi semilir angin pantai pada pagi hari, berkuda bisa menjadi sarananya.

Liputan6.com, Pangandaran - Selama ini Pangandaran dikenal sebagai wisata alam dengan keindahan pantainya. Namun, wisata pantai ini juga menyajikan pemandangan sosial ekonomi yang sangat unik pada pagi hari, salah satunya kegiatan berkuda.

Kegiatan menunggangi kuda ini bisa dilakukan di pantai barat Pangandaran. Pantai barat ini terletak di dalam kawasan wisata Pantai Pangandaran, Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Rute menuju kawasan pantai ini bisa melalui gerbang barat atau pos penarikan retribusi sebelah barat. Adapun akses jalan menuju lokasi yang dilalui cukup lebar.

Sepanjang pantai yang landai dan pasir yang bersih, tidak ada batu karang, pengunjung dapat berkuda seolah menunggang onta di padang pasir. Apalagi yang ingin merasakan sensasi semilir angin pantai pada pagi hari, berkuda bisa menjadi sarananya.

Kuda-kuda yang disewakan bertarif Rp 50.000. Tarman (47), penyewa kuda di pantai barat Pangandaran mengatakan, dengan tarif tersebut pengunjung dapat berkuda sepuasnya.

"Kalau jauhnya bisa 1 kilometer pulang-pergi," kata Tarman, Sabtu, 29 April 2017.

Dia menjelaskan, pengunjung kebanyakan menyukai berkuda dengan didampingi. Namun tak jarang pengunjung yang ingin berkuda dengan dilepas sendiri.

"Kalau untuk anak-anak selalu didampingi. Tetapi kalau yang mau sendiri kita kasih tahu tips dan cara berkuda," ucapnya.

Diterangkan Tarman, saat akhir pekan pantai barat Pangandaran bisa dikunjungi ratusan pengunjung. Meski jarang, namun bukan berarti wisata berkuda di sini sepi peminat.

"Yang berkuda bisa 2-3 orang sehari," katanya.

Setelah lelah berkuda, pengunjung dapat menikmati hal lain untuk melepas penat di pantai ini saat pagi hari.

Bisa berjemur atau langsung berenang di pantai. Namun, pastikan berenang di tempat yang aman sesuai dengan petunjuk yang disediakan keamanan pantai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini