Sukses

1.000 Pesawat Aeromodelling di Langit Yogya Raih Rekor MURI

Liputan6.com, Yogyakarta - Sebanyak 1.000 pesawat aeromodelling outdoor hand launch glider (OHLG) terbang serentak pada pembukaan Jogja International Air Show (JIAS) di lapangan terbang Gading Gunungkidul, Rabu, 26 April 2017. Ribuan pesawat aeromodeling itu diterbangkan siswa SMK Penerbangan Adisucipto Yogyakarta dan mendapat rekor MURI.
 
Selain itu, juga ada pencatatan rekor nasional terjun payung kerjasama big formation dengan 30 jumper gun yang diturunkan dari Pesawat C-130 Hercules.

"Memang banyak pemecahan rekor dalam pelaksanaan JIAS 2017 kali ini. Tidak hanya pada pembukaan JIAS di Lapter Gading Gunungkidul, namun juga pada sesi penutupan di Pantai Depok, Bantul, 30 April mendatang," ujar Marsma TNI Novyan Samyoga, Komandan Lanud Adisutjipto yang juga menjabat sebagai Ketua Fasida DIY.

Ia mengatakan, rencananya sebanyak 40 dari 100 penerjun payung akan membentuk formasi 7 detik di udara sebelum payung mengembang di Pantai Depok.

JIAS 2017 lebih istimewa karena 62 atlet terjun payung dari Malaysia, Filipina, Kanada, Rusia, Thailand, Norwegia, Prancis, Amerika, Belgia, dan Jerman turut berpartisipasi. Sebelumnya, perhelatan itu hanya diikuti atlet lokal.

JIAS 2017 menampilkan atraksi terjun payung, terbang lintas microlight banner, aeromodelling, penerbangan massal chuck glidder, solo aerobatic ptts 2C, the jupiters dipslay, pegasus heli aerobatic team, joyflight microlight, festival paralayang, lomba gantole, lomba paramotor, dan demo paramotor.

Perhelatan JIAS 2017 digelar merata di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mulai 26-30 April 2017. Pembukaan JIAS 2017 diadakan di Lapter Gading Gunungkidul.

Acara berikutnya digelar di Candi Prambanan Sleman pada 27 April, alun-alun Wates Kulonprogo pada 28 April, dan alun-alun Utara Yogyakarta pada 29 April. Sebagai puncak JIAS 2017 adalah penutupan di Lapter Pantai Depok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini