Sukses

Warga Pekanbaru Heboh Ada Buaya Jalan-Jalan Santai

Liputan6.com, Pekanbaru - Warga di Jalan Pontianak, Kelurahan Tangkerang Utara, Kecamatan Bukitraya, Pekanbaru, Riau dikagetkan dengan kemunculan sosok buaya tengah merayap di jalanan, Selasa (25/4/2017).

Buaya sepanjang dua meter yang tengah berjalan santai siang hari itu tidak menyerang warga sekitar. Apalagi jalan tersebut merupakan tempat anak sekolahan lalu lalang.

Penuturan warga sekitar, Hengki‎, buaya rawa itu diduga merupakan peliharaan salah satu penghuni rumah di sekitar jalan tersebut. Hanya saja, Hengki tidak mengetahui siapa warga yang memiliki peliharaan hewan purba itu.

"Selama ini tidak tahu kami ada yang melihara buaya di sini, sudah puluhan tahun saya tinggal di sini, ini baru tahu setelah lepas. Kabarnya buaya itu memang lepas," kata Hengki.

Hengki bersyukur hewan berahang kuat itu tidak melukai warga yang melintas. Buaya itu lebih banyak diam ketika dilihat, dan warga menjauhinya karena takut sewaktu-waktu menyerang.

‎Petugas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau langsung turun ke lokasi setelah mendapat informasi kemunculan buaya ini. Butuh beberapa jam untuk petugas menangkap buaya ini dari jalananan.

Setelah ditaklukkan, buaya ini kemudian diikat dan mulutnya dilakban supaya tidak melukai petugas. Buaya tersebut kemudian dimasukkan ke mobil setelah matanya ditutup petugas.

Menurut Humas BKSDA Dian Indiarti, buaya itu dievakusi ke Kebun Binatang Kasang Kulim, Kabupaten Kampar. Penempatan di lokasi itu karena Kasang Kulim merupakan lembaga konservasi terdekat di Pekanbaru.

‎"Jenisnya buaya rawa, usianya belum diketahui karena baru ditangkap," jelas Dian di lokasi penemuan buaya itu.

Dian menegaskan buaya itu merupakan peliharaan salah seorang warga di sekitar. Apakah warga dimaksud akan dikenai sanksi karena memelihara hewan dilindungi, Dian menyebut bakal melapor ke BBKSDA lebih dulu.

"Dilaporkan nanti ke BKSDA terkait ini, apakah nanti disanksi atau tidak," ujar Dian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini