Sukses

Warga Lapas Ikutan Bersih-Bersih Pasar Sentral Gorontalo

Inisiatif bersih-bersih pasar datang dari ide warga Lapas Kelas II A Gorontalo.

Liputan6.com, Gorontalo - Ratusan petugas Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Gorontalo menggelar aksi bersih-bersih di Kompleks Pasar Sentral Kota Gorontalo. Aksi bersih-bersih itu selain diikuti oleh petugas lapas, juga diikuti sejumlah eks narapidana dan warga binaan Lapas Kelas IIA Gorontalo.

Pantauan Liputan6.com, Rabu, 19 April 2017, aksi bersih-bersih itu berlangsung lancar. Tanpa canggung, para warga binaan dan petugas Lapas membersihkan setiap sudut yang ada di Pasar Sentral Kota Gorontalo.

Sampah-sampah diangkat, saluran air yang sebelumnya kotor ikut dibersihkan. Semuanya nampak larut dalam pekerjaan masing-masing tanpa memedulikan teriknya mentari pagi saat itu.

Di sela pekerjaan, sejumlah warga binaan terlihat akrab dengan petugas lapas lewat candaan yang dilontarkan. Aksi itu sontak menjadi tontonan warga sekitar yang sebagian ikut membantu para warga binaan dan petugas lapas membersihkan pasar.

Ditemui usai kegiatan bersih-bersih yang dihadiri pula oleh Wali Kota Gorontalo Marten Taha itu, Kepala Lapas Kelas IIA Gorontalo Widodo mengungkapkan, pelibatan warga binaan Lapas Kelas IIA Gorontalo merupakan inisiatif warga binaan sendiri. Mereka beralasan hendak mengabdi kepada masyarakat Gorontalo.

Widodo mengatakan, kegiatan itu merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan yang ke-53. Selain bakti sosial, Widodo juga mengungkapkan, pihaknya akan menggelar kegiatan keagamaan pada puncak peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan 20-21 April 2017 mendatang.

"Kita nanti akan membuat sebuah kegiatan pemecahan rekor Muri untuk kategori khatam Quran se-Indonesia yang akan digelar secara serentak di seluruh lapas yang ada di Indonesia," kata Widodo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini