Sukses

Hujan Es dan Angin Kencang 30 Menit Bikin Panik Warga Bandung

Liputan6.com, Bandung - Hujan es disertai angin kencang berdurasi sekitar 30 menit menerjang Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu siang tadi. Tak hanya angin kencang, hujan es yang di beberapa lokasi di kota yang dipimpin Ridwan Kamil ini diselingi juga petir.

Terpaan hujan es dan petir hampir merata di Kota Bandung, seperti di kawasan Pagarsih, Cikutra, Dago, Kantor Gubernur Jawa Barat (Gedung Sate), Cihampelas, Alun-alun Kota Bandung, Jalan Bypass Soekarno-Hatta, Katamso, Cibaduyut, dan Kiaracondong.

Peristiwa tersebut berakibat tumbangnya beberapa pohon serta papan reklame atau baliho. Sebagian mengenai kendaraan, serta menghalangi arus lalu lintas.

Dery Fitriadi Ginanjar, warga yang sedang berkendaraan, menyaksikan pohon tumbang di Jalan Cimandiri dan banjir 50 sentimeter di Jalan Laswi, sehingga harus memutar arah.

"Macet parah. Saya tertahan di Taman Pramuka, tadi di Jalan Laswi enggak bisa dilalui karena air setinggi kap mesin," kata Dery Fitriadi Ginanjar melalui pesan singkat kepada Liputan6.com, Rabu (19/4/2017).

Warga lainnya, Ferry Prakosa, mengungkapkan hujan es disertai angin kencang merobohkan tiang papan reklame di Jalan Ibrahim Adjie, Kiaracondong, Bandung. Selain itu, pagar seng pemisah lahan kosong di kawasan tersebut juga roboh.

Hujan es disertai angin kencang yang menerpa Kota Bandung, menyebabkan sejumlah pohon dan baliho tumbang serta banjir di jalan raya. (Foto: Istimewa/Dery Fitriadi Ginanjar/Arie Nugraha)

"Kondisi lalu lintas kini macet dari arah Cicaheum menuju Jalan Jakarta," kata Ferry.

Dahsyatnya terpaan hujan es dan angin kencang diungkapkan pula seorang mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (Stikom) Bandung, Septianjar Muharam. Septianjar mengatakan dari lantai dua kampusnya terlihat adanya sejumlah benda yang beterbangan.

"Genteng rumah penduduk sekitar pada jatuh," kata Septianjar.

Turunnya hujan es disertai angin kencang tadi membuat panik banyak warga Bandung yang sedang beraktivitas.

Salah satu karyawan bank swasta di Jalan Asia Afrika, Bandung, Deffi Ratih Purnama, mengatakan meski hujan es disertai angin kencang tersebut berlangsung setengah jam, tak terlihat kerusakan yang berarti di gedung tempat dia bekerja.

Hujan es disertai angin kencang yang menerpa Kota Bandung, menyebabkan sejumlah pohon dan baliho tumbang serta banjir di jalan raya. (Foto: Istimewa/Dery Fitriadi Ginanjar/Arie Nugraha)

"Hujannya tadi sangat seram sekali," tutur Deffi.

Adapun usai terpaan hujan es dan angin kencang, otoritas setempat yang berwenang belum memberikan keterangan resmi mengenai data kerusakan yang terjadi.

Artikel Selanjutnya
Angin Puting Beliung Rusak 8 Rumah di Bogor
Artikel Selanjutnya
76 Bangunan di Bogor Rusak Diterjang Puting Beliung