Sukses

Jokowi di Parade 1001 Kuda Sumba, Bagi-Bagi Kuda atau Sepeda?

Liputan6.com, Kupang - Tahun ini Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) akan menggelar tiga acara skala nasional yakni, Parade 1001 Kuda Sumba, Soekarno Month, dan Tour de Flores.

Dalam tiga ajang ini, Presiden Joko Widodo dipastikan hadir dalam acara Parade 1001 Kuda di Kabupaten Sumba yang digelar bulan Mei mendatang. Dalam Parade Kuda itu, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyatakan siap hadir.

"Parade 1001 Kuda akan digelar dari 24-31 Mei 2017 di Sumba dan surat resmi sudah dikirimkan ke Presiden melalui Mensesneg dan Jokowi siap hadir," ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif NTT, Marius Jelamu kepada Liputan6.com, Rabu (19/4/2017).

Jika seperti biasa Jokowi dalam beberapa kunjungannya menyempatkan diri untuk mengadakan kuis, namun belum diketahui apakah nanti Jokowi juga akan membuat kuis serupa atau tidak saat menghadiri Parade Kuda tersebut.

Biasanya, Presiden memberi hadiah sepeda kepada siapapun yang bisa menjawab kuis darinya. Seperti saat mengunjungi Pulau Miangas, Sulawesi Utara beberapa waktu lalu, Jokowi memberi kuis kepada nelayan dengan pertanyaan tentang nama-nama ikan.

Yang jelas, menurut Marius, Jokowi akan dipastikan hadir pada 31 Mei saat festival tenun ikat di Tambolaka, Kabupaten Sumba Barat Daya. Festival tenun ikat menjadi bagian dari kegiatan Parade 1001 Kuda Sumba.
Dalam Parade 1001 Kuda Sumba itu Presiden Jokowi Siap Hadir. (Liputan6.com/Ola Keda).
"Pak Jokowi akan dijemput dengan pasukan berkuda. Kalau Pak Presiden tidak bisa hadir saat festival tenun ikat, kita usahakan beliau bisa membuka acara Soekarno Month di Kabupaten Ende," kata Marius.

Dia mengatakan, untuk Tour de Flores (TdF) akan kembali digelar 14-19 Juli 2017 mendatang. Event TdF kali ini akan menempuh enam etape yang titik startnya di Kota Larantuka, Kabupaten Flores Timur dengan jarak tempuh 808,7 km.

"Acara pembukaannya pada 13 Juli di Kabupaten Lembata sedangkan titik startnya di Larantuka dilanjutkan ke Maumere-Ende-Mbay-Borong-Ruteng-Labuan Bajo," ucap dia.

Dia menambahkan, sejauh ini sudah 18 tim asing yang mendaftar sebagai peserta TdF.

"Sejauh ini yang sudah terdaftar baru 18 tim dan pasti masih ada penambahan. Target kami ada 240 pembalap," ujar Marius.

Artikel Selanjutnya
Sambut Pagi Bersama 22 Ribu Peserta Gowes Pesona Nusantara