Sukses

Aksi Polisi Mirip Lee Min Ho, Benar Mirip?

Liputan6.com, Pekalongan - Rekaman video aksi band beranggotakan polisi-polisi ganteng bersama polwan cantik berjoget beredar luas. Diunggah di Vidio.com, video itu dilihat lebih dari 30 ribu netizen.

Usut punya usut, grup band itu bernama Marka Band yang digawangi empat personel Satlantas Polres Pekalongan. Sebagai pemimpin sekaligus sang vokalis adalah Kasatlantas Polres Pekalongan AKP Alan Haikel.

Sedangkan tiga personel band lainya yakni, Irawan Aji, Luthfi Sulistiawan, dan Nanang Pramudia. Mereka berkolaborasi menyanyikan sebuah lagu "Mars Polisi Lalu Lintas".

Di media sosial, Alan disebut-sebut sebagai polisi ganteng. Dia membentuk dan menginisiasi Marka Band yang sekarang melejit.

Alan bahkan disebut mirip artis Korea Lee Min Ho hingga menghipnotis netizen. Suara yang berkarakter serak-serak basah menambah daya tarik.

 

Video berdurasi sekitar tiga menit itu memperlihatkan bagaimana kreativitas langkah preventif dan preventif serta edukatif yang dilakukan Satlantas Polres Pekalongan memberikan imbauan tata tertib berlalu lintas.

Selain menyampaikan imbauan melalui lagu, mereka juga menampilkan beberapa gerak tubuh atau tata cara tertib berkendara yang benar dan aman. Misalnya, pengetahuan cara menggunakan sabuk pengaman, memakai helm yang benar hingga tips aman saat berkendara.

Beberapa adegan kocak membuat video itu sangat seru ditonton hingga akhirnya banyak orang yang mengeshare videonya sampai seviral sekarang.

Tak hanya para anggota polisi, Kapolres Pekalongan AKBP Wawan Kurniawan ikut nongol di menit 1:50 video itu.

Aksinya tak kalah kocak. Dalam video itu, Kapolres digambarkan marah-marah pada anak buahnya karena tidak kerja, tapi kemudian ia ikut bernyanyi dengan yang lain.

Polisi mirip Lee Min Ho bikin band hebohkan medsos (Liputan6.com / Fajar Eko Nugroho)

Alan membeberkan, jika video aksi Marka Band yang menyanyikan lagu "Mars Polisi Lalulintas" itu, sebagai upaya jajaran Satlantas Polres Pekalongan mengedukasi masyarakat tentang tata tertib berlalu-lintas.

"Ya, memang video itu dibuat untuk memberikan pilihan lain bagaimana mengedukasi masyarakat melalui media audio visual tentang tertib berlalu lintas lengkap dengan cara mempraktekanya. Selain sosialisasi di lapangan langsung yang terus dilakukan selama ini," ucap Alan Haikel kepada Liputan6.com, Selasa 18 April 2017.

Ia menceritakan, Marka Band memang belum lama dibentuk. Kendati demikian, hal itu tidak menghalangi semangat di jajarannya untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan terus berinovasi.

"Sebenarnya memang dulu sudah ada band di sini (Polres Pekalongan). Tapi vakum dan baru saya giatkan lagi sebulan belakangan ini," kata Alan.

1 dari 2 halaman

Nantikan Aksi Selanjutnya

Untuk mengkolaborasikannya, ia hanya berlatih seminggu sekali jika ada waktu luang di sela-sela tugas kepolisian.

"Ya karena waktu yang padat dinas karena kami bertanggungjawab melayani masyarakat. Maka latuhan memang tidak terjadwal dan hanya sewaktu-waktu saja kalau ada waktu luang," katanya.

Kasatlantas bersyukur dengan video yang sedang viral kali ini karena berarti dapat diterima dan menjadi hiburan sekaligus edukasi kepada masyarakat.

"Kalau viral gini kan nggak cuman warga Pekalongan saja yang mendapatkan manfaatnya. Warga di mana pun yang sudah melihat video ini pun juga dapat manfaatnya dong," ujarnya.

Ke depan, kata dia, mereka akan kembali mengunggah video aksi Marka Band dengan lagu lainya yang tentu saja masih berkaitan dengan tugas dinas kepolisian.

"Karena banyak permintaan dan diterima, ya dalam waktu dekat ini kami segera unggah video lain berjudul "Mars Pekalongan" yang saat ini sudah dipersiapkan," jelasnya.

Seperti diketahui, selain terkenal sangat aktif dalam menjaga ketertiban, Polres Pekalongan juga kreatif dalam melaksanakan tugasnya memberikan layanan prima kepada masyarakat.

Mars Tertib Berlalulintas

Mari kita tertib karena kita wajib, mematuhi rambu-rambu lalu lintas

Tata cara dalam berlalu lintas, selalu tertib dalam berkendara
Utamakan selamat sebagai kebutuhan, patuhilah rambu-rambu lalu lintas

Mari kita tertib karena kita wajib, mematuhi rambu-rambu lalu lintas

Sebelum anda pergi terlebih dulu periksalah kendaraan anda

Pakai sabuk pengaman dan helm keselamatan, tidak boleh ketinggalan

Lengkapi surat-surat kendaraan anda, nyalahkan lampu dan selalu waspada

Dan pandangan ke depan, budayakan selamat,sebagai kebutuhan

Mari kita tertib karena kita wajib, mematuhi rambu-rambu lau lintas

Artikel Selanjutnya
Taeyang Big Bang Sebut Min Hyo Rin sebagai Inspirasi
Artikel Selanjutnya
Seungri Big Bang Tepergok Mesra dengan Wanita di Bali?