Sukses

17 Turis Danau Tondano Terjebak Eceng Gondok Belasan Jam

Liputan6.com, Manado - Tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi 17 warga yang terjebak eceng gondok saat berwisata di Pulau Likri, Danau Tondano, Kabupaten Minahasa, pada Senin, 17 April 2017.

Kasi Operasi Badan SAR Nasional Manado Jefry Mewoh mengatakan seluruh yang terjebak dalam keadaan sehat. Mereka dievakuasi mengggunakan perahu karet, amphibious, dan perahu nelayan.

"Proses evakuasi terhadap warga itu dilakukan tim SAR gabungan hingga Selasa dini hari sekitar pukul 02.00 Wita," kata Jefry melalui telepon, dilansir Antara, Selasa (18/4/2017).

Kejadian itu bermula saat mereka datang ke Pulau Likri di Danau Tondano untuk berwisata rohani. Saat akan pulang, mereka tidak bisa lagi keluar karena sekeliling pulau dikepung eceng gondok. Hal itu membuat perahu yang mereka tumpangi tidak bisa bergerak dari pulau.

Tim SAR gabungan dari Baguna, kepolisian dan masyarakat, yang dipimpin Basarnas, kemudian mengevakuasi mereka.

Ke-17 warga yang sudah dibebaskan dari jebakan eceng gondok itu adalah Cony Mamanua, Rony T, Youla Gimon, Frangky Rawung, Yunita Polii, Yantje Mait, Meity Nender, Andre Mait, Liani Wuntu, Samy, Tesa Rawung, Cikal Mansiow, Brisa Rawung, Claudia Rawung, Mitcel Dapu, Dian Kaunang, dan Keke.