Sukses

5 Rute Mudik Gratis dari Jawa Barat

Liputan6.com, Bandung - Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Barat menyediakan 80 bus untuk Program Mudik Gratis 2017 Masehi-1438 Hijriah. Bus-bus itu akan melayani pemudik ke sejumlah daerah di dalam dan luar provinsi Jawa Barat.

"Alhamdulillah ada mudik gratis dari Pemprov Jabar tahun ini. Total busnya ada 80 unit dari yang sebelumnya hanya 25 bus," kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat Dedi Taufik, di Bandung, Senin (17/4/2017), dilansir Antara.

Ia mengatakan program rutin tahunan ini diselenggarakan dalam rangka penyediaan angkutan mudik yang aman, nyaman, dan selamat sampai tujuan.

"Ada dua jenis moda transportasi yang disediakan, yaitu moda angkutan bus dan truk untuk kendaraan roda dua," katanya.

Dedi menuturkan ada tiga titik keberangkatan dalam Program Mudik Gratis 2017 yang diadakan Pemprov Jawa Barat yakni di Kota Sukabumi, Kota Bekasi dan Kota Bandung.

"Kita berharap sasarannya para pemudik yang menggunakan sepeda motor. Nanti ada proporsinya, yakni 70 berbanding 30 untuk penumpang dan kendaraan sepeda motor yang diangkut," ujar dia.

Program mudik gratis ini bisa diikuti oleh masyarakat umum ber-KTP Jawa Barat dan pendaftaran dibuka sejak 14 Februari 2017 untuk pemberangkatan pada 17 Juni 2017.

Berikut ialah beberapa rute yang akan ditempuh: Bandung-Solo (via Kebumen-Yogyakarta); Bandung-Semarang (via Cirebon); Bekasi-Solo (via Semarang); Bekasi-Solo (via Ciamis); Sukabumi-Solo (via Cirebon-Semarang).

Adapun persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon peserta mudik gratis adalah fotokopi KTP/SIM, Fotokopi Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran (untuk yang membawa balita), dan fotokopi STNK (khusus bagi pemudik yang membawa motor).

Tempat pendaftarannya terbagi di tiga tempat yakni Kantor Dishub Provinsi Jabar Jalan Sukabumi Nomor 1 Bandung, Kantor Dishub Kota Bekasi Jalan Jend A. Yani Nomor 1 (Kantor Pemkot Bekasi), dan Kantor Dishub Kota Sukabumi Jalan Arief Rahman Hakim Nomor 25 Kota Sukabumi.

Untuk informasi mudik gratis lebih lanjut, masyarakat dapat mengakses SMS Center Dishub Jabar, 08112255907.

Artikel Selanjutnya
Wali Kota Semarang Bagi-Bagi Rp 50 Ribu Saat Kampanye
Artikel Selanjutnya
Kidang Kancana Resmi Antar Jemput Gratis Pelajar Purwakarta