Sukses

Ribuan Warga Baduy Siap Gelar Seba Pekan Depan

Liputan6.com, Lebak - Ribuan warga Suku Baduy di pedalaman Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, akan menggelar upacara Seba untuk menjalin silaturahmi dengan Bupati Lebak setelah tiga bulan terakhir melaksanakan ritual Kawalu.

"Pelaksanaan Seba Baduy digelar 28-29 April 2017," ucap Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Lebak Rubama di Rangkasbitung, Minggu, 16 April 2017, dilansir Antara.

Perayaan Seba bagi komunitas masyarakat Baduy hingga kini tetap dipertahankan dan dilestarikan karena berlangsung secara turun-temurun.

Masyarakat Baduy Dalam berpakaian khas putih-putih dan masyarakat Baduy Luar berpakaian khas hitam-hitam menggelar ritual Seba untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan atas limpahan rezeki yang mereka terima selama satu tahun dan menjalin silaturahmi dengan pemimpin daerah.

Dalam perayaan Seba itu, mereka antara lain menyerahkan hasil bumi seperti beras ketan, pisang, gula aren, petai, dan buah-buahan. Seba Baduy dilaksanakan setiap tahun untuk bertemu dengan kepala daerah, yakni bupati dan gubernur sebagai "Bapak Gede" atau kepala pemerintah daerah.

Dalam pertemuan itu nantinya pemuka adat akan menyampaikan persoalan dan permasalahan yang dihadapi masyarakat Baduy. Penyampaian pemuka adat itu agar dapat ditindaklanjuti oleh pemerintah daerah (bupati-gubernur) guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Baduy yang berpenduduk sekitar 10.600 jiwa.

Perayaan Seba Baduy dilaksanakan setelah warga Baduy menjalani ritual Kawalu selama tiga bulan. "Kami memperkirakan Seba Baduy tahun ini akan dihadiri sekitar 2.000 orang," kata Rubama.