Sukses

Pelaku Pembunuhan Sekeluarga di Medan Buang Besi ke Parit

Liputan6.com, Medan - Tim gabungan terdiri dari Jatanras Polda Sumut, Polres Pelabuhan Belawan, dan Polsek Medan Labuhan meringkus Andi Lala, terduga otak pelaku pembunuhan satu keluarga di kawasan Jalan Lintas Rengat-Tembilahan, Desa Pekan Tua, Kecamatan Kempes, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Kabupaten Riau.

Dalam penangkapan yang dibantu Polda Riau dan Polres Inhil tersebut, terungkap benda tumpul yang disebut-sebut sebagai alat untuk menghabisi nyawa Rianto, istri dan kedua anaknya, serta ibu mertuanya pada Minggu, 9 April 2017, lalu.

Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Sumut Kombes Pol Nurfallah mengatakan, saat melakukan aksi kejinya, Andi Lala menggunakan besi berukuran 60 cm. Usai melakukan aksinya, besi tersebut dibuang di parit dekat rumah korban.

"Ini hasil pemeriksaan dan interogasi sementara yang dilakukan tim di lapangan," kata Nurfallah di Medan, Sabtu (15/4/2017).

Tim gabungan saat ini juga sedang menginterogasi Andi Lala terkait barang bukti sepeda motor milik korban yang dibawa kabur olehnya. Sebab, saat ini sepeda motor tersebut belum diketahui keberadaannya.

"Masih dicari tahu motif sebenarnya, kita tunggu ya," ujarnya

Disinggung kepastian Andi Lala tiba di Mapolda Sumut, Jalan Sisingamangaraja, Medan, Nurfallah membeberkan yang bersangkutan kemungkinan akan tiba pada Minggu, 16 April 2017, besok.

"Besok kemungkinan tiba di sini, saat ini masih dilakukan interogasi dan pemeriksaan tim di lapangan," ucapnya.

Kurang dari satu minggu pengejaran terhadap Andi Lala selaku terduga otak pelaku pembunuhan satu keluarga di Pasar 1, Gang Tengah, Mabar, Kota Medan, Sumatera Utara, membuahkan hasil.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol. Rina Sari Ginting mengatakan, Andi Lala diringkus tim gabungan Jatanras Polda Sumut, Polres Pelabuhan Belawan dan Polsek Medan Labuhan di kawasan Jalan Lintas Rengat-Tembilahan, Desa Pekan Tua, Kecamatan Kempes, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Kabupatn Riau.

"Penangkapan dilakukan sekitar pukul 05.10 WIB pagi tadi," kata Rina saat dihubungi Liputan6.com.

Aksi penangkapan terhadap terduga otak pelaku pembunuhan satu keluarga tersebut dimulai dari penyelidikan yang dipimpin oleh Kasubdit Jatanras Polda Sumut AKBP Faisal Napitupulu dibantu personel Polda Riau dan Polres Inhil. Pada Jumat, 14 April 2017, pujul 21.00 WIB, keberadaan pelaku telah diketahui.

"Diketahui keberadaan tersangka, akan tetapi situasi tidak memungkinkan dikarenakan ada pesta di dekat lokasi persembunyian target, penangkapan ditunda," jelasnya.

Selanjutnya pada pukul 04.00 WIB pagi tadi, petugas mendatangi lokasi persembunyian tersangka dan langsung melakukan penggeledahan dan meringkus Andi Lala. Saat penangkapan, terduga otak pelaku sempat melakukan perlawanan dan penyerangan terhadap petugas.

"Saat ini Andi Lala telah diamankan petugas dan sedang dalam perjalanan ke Mapolda Sumut, nanti kalau sudah sampai sini kita infokan lagi," terangnya.