Sukses

Libur Paskah, Cek Rekayasa Lalu Lintas di Brexit

Liputan6.com, Brebes - Jajaran Satlantas Polres Brebes, Jawa Tengah, menyiagakan 330 personel selama 24 jam penuh. Hal ini demi menjamin arus lalu lintas aman dan lancar saat libur panjang Hari Raya Paskah. Mereka mulai ditempatkan di beberapa pos pengamanan (pospam) atau sub pospam yang akan ditempatkan jalur pantura tengah dan selatan.

"330 personel sudha mulai ditempatkan di pospam dan sub pospam di wilayah pantura, tengah dan selatan. Mereka ini yang akan memantau dan mengamankan di titik-titik yang menjadi kerawanan kemacetan," ucap Kanit Patroli Satlantas Polres Brebes Iptu Suroto di sela-sela pemantauan arus lalu lintas di Pintu Tol Brebes Timur (Brexit), Kamis, 13 April 2017.

Mengantisipasi lonjakan kendaraan dari arah Jakarta-Semarang via jalur pantura. menurut dia, Satlantas Polres Brebes akan merekayasa lalu lintas dan utamanya di jalur pantura, yakni Pintu Tol Brexit.

"Memang sampai saat ini belum ada peningkatan arus kendaraan yang berarti dari arah Jakarta. Tapi informasi dari Ditlantas Polda Jabar di Tol Cipali saat ini sudah ada peningkatan jumlah kendaraan," dia menambahkan.

Antisipasinya, kata Suroto, rekayasa lalu lintas yang akan diterapkan. Yakni, sistem lawan arus (contra flow) 3:1 di jalur pantura mulai dari Pintu Tol Brexit hingga ke Kota Tegal, Jawa Tengah.

"Kalau padat di jalur pantura ataupun via Tol Pejagan-Brebes Timur, kita terapkan contra flow 3:1. Tentu saja sebelum dilakukan itu kita koordinasi dengan Satlantas Tegal Kota," ia menjelaskan.

Kemudian untuk jalur tengah karena sedang ada pengerjaan proyek flyover (jembatan layang) di Dermoleng. Arus lalu lintas kendaraan dari arah Jakarta akan dialihkan melalui Jatibarang-Slawi-Kabupaten Tegal.

Libur panjang Paskah, Satlantas Brebes menyiagakan 330 personel hingga rekayasa lalu lintas di Brexit. (Liputan6.com/Fajar Eko Nugroho)

Sedangkan di titik pembangunan wilayah flyover Kretek, Satlantas Polres Brebes akan menerapkan sistem buka-tutup arus kendaraan. "Kalau kondisi sudah padat dengan antrean panjang di jalur tengah, kita alihkan kendaraan dari arah Jakarta melalui Jatibarang-Slawi-Kabupaten Tegal," Suroto membeberkan.

Lonjakan arus lalu lintas diprediksi terjadi mulai Kamis malam sekitar pukul 20.00 WIB. "Kalau prediksinya lonjakan kendaraan dari arah Jakarta-Semarang yang melintas di jalur pantura, tengah dan selatan malam ini hingga dini hari nanti," sebut dia.

Sebab, menurut Suroto, kemungkinan para pemudik berangkat dari Jakarta sore hari kemudian sampai di Brebes malam hari. Khusus di jalur selatan, para pengendara diimbau mewaspadai kemacetan panjang lantaran di Karangsawah dan Kretek sedang ada pengerjaan flyover.

Sedangkan kendaraan besar ataupun truk lebih dari dua sumbu dari arah Jakarta, diimbau tidak melalui jalur selatan saat libur panjang Paskah. "Ya walaupun sudah ada surat edaran dari Dirjen Perhubungan Darat terkait larangan itu, kami imbau jangan mengambil rute melalui jalur selatan dan silakan lewat pantura saja," dia memungkasi.



Artikel Selanjutnya
Libur Idul Adha Usai, Kemacetan Kepung Jalur Selatan Garut
Artikel Selanjutnya
Cara Kemenhub Antisipasi Puncak Arus Balik Libur Idul Adha