Sukses

Gemuruh Awali Longsor Subuh di Bandung Utara

Liputan6.com, Bandung - Longsor terjadi di kawasan Cipaku RT 03/RW 02, Kelurahan Ledeng, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung, sekitar pukul 04.15 WIB membuat akses jalan yang menghubungkan dua wilayah yakni RT 03 dan RT 04 terputus.

"Tadi Subuh sebelum adzan, ada suara gemuruh, dan tanah bergetar. Saya langsung keluar melihat ternyata longsor," ujar Dedi (67), salah satu warga RT 03/02  di lokasi kejadian, dilansir Antara, Kamis (13/4/2017).

Dedi menduga longsoran tersebut akibat rembesan air selokan yang berada tepat di lokasi longsor. Terlebih, kontur tanah di wilayah yang masuk ke dalam Kawasan Bandung Utara tersebut, tidak stabil.

"Ini (longsor) udah yang kedua kalinya terjadi," kata dia.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Saat kejadian, warga masih belum beraktivitas.

Namun, satu bangunan semi permanen yang berada di samping jalan, ikut roboh. Selain itu, jalur air selokan yang bermuara dari kawasan Ledeng pun terputus, sehingga membuat air langsung terjun ke pemukiman warga.

Di tempat yang sama, Camat Cidadap Yasa Hanafiah mengatakan, saat ini pihaknya akan membuat jalur khusus agar air dari selokan bisa dialirkan ke sungai yang letaknya di bawah lokasi longsoran.

"Kita akan memasang paralon untuk mengalirkan air ke sungai yang ada di bawah serta menyambungkan ke selokan yang terputus," kata dia.

Menurut dia, jika air tersebut dibiarkan, dikhawatirkan akan terjadi longsor susulan. Apalagi jika hujan mengguyur wilayah Bandung bagian utara, akan membuat kontur tanah semakin tidak stabil.

Selain itu, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak terkait serta menyiagakan petugas keamanan. Terlebih terdapat lima rumah yang tepat berada di samping dan bawah longsoran.

"Langkah yang kita ambil kita minimal menyelamatkan warga dari dampak longsor, karena musim hujan masih berlangsung," kata dia.

Jalan penghubung sepanjang 50 meter dengan lebar 1,5 meter itu kini tidak bisa dilalui oleh warga. Mereka terpaksa harus memutar jika akan menuju jalan protokol.

Artikel Selanjutnya
'Teror' Kemacetan pada Lebaran Kedua
Artikel Selanjutnya
Lebaran Sebentar Lagi, Warga Jambi Bingung Tak Bisa Mandi