Sukses

Melayat, Terduga Pembunuh Keluarga Medan Sempat Tanyakan Kinara

Saat melayat, terduga pembunuh satu keluarga di Medan itu datang bersama istrinya dan sempat berbincang dengan kerabatnya yang lain.

Liputan6.com, Medan - Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) membeberkan nama terduga pembunuh satu anggota keluarga di Pasar 1, Gang Tengah, Mabar, Kota Medan. Wakapolda Sumut Brigjen Agus Andrianto menyebut nama Andi Lala alias AL sebagai calon tersangka pembunuhan.

Polisi menyebut pria berusia 34 tahun itu masih memiliki hubungan keluarga dengan korban. "Saat ini kita sedang melakukan pengejaran dan mengimbau AL untuk segera menyerahkan diri," kata Agus di Mapolda Sumut, Jalan Sisingamangaraja, Medan, Selasa, 11 April 2017.

Wakapolda Sumut juga mengatakan, tim gabungan yang dibentuk nyaris menangkap terduga pembunuh saat menggeledah rumahnya di Jalan Pembangunan II, Desa Sekip, Kecamatan Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang di kawasan Perbaungan.

Namun, petugas petugas mendapat informasi jika pelaku melarikan diri mengendarai mobil mini bus L300, dengan plat BK 1325 FZ.

"Sempat dikejar, kemudian petugas di lapangan menemukan mobil yang dikendarai AL berada di SPBU Pagar Jati, kawasan Perbaungan, tapi pelaku udah nggak ada, kabur. Saat ini mobil L300 sudah kita amankan. Pelaku terus kita kejar," ujar Agus.

AL memiliki hubungan keluarga dengan Yani, istri Rianto yang ikut tewas dalam pembunuhan di Minggu dini hari itu. Kabar AL menjadi buruan polisi karena dugaan kasus pembunuhan lima anggota keluarga mengejutkan paman Yani bernama Syarifon.

Ia tak menduga AL terlibat dalam pembunuhan itu karena sempat melihat AL datang ke rumah duka pada Minggu malam, 9 April 2017. Pria berusia 50 tahun itu menyebut, AL datang bersama istrinya, Reni Safitri menggunakan mobil pikap. Kedatangan AL ke rumah duka tidak sedikitpun membuat Syarifon merasa curiga.

"Saya bahkan sempat cerita dengan dia. Memang dia ada nanya kondisi Kinara, saya bilang mulai membaik. Karena lagi sibuk, setelah itu saya tidak lihat lagi. Tapi, istrinya masih di sini (rumah duka). Kalau memang dia pelakunya, tega kali," kata Syarifon, Selasa, 11 April 2017.

Hingga saat ini, istri terduga pelaku pembunuhan, Reni, dan bapaknya, Hasan, diamankan pihak kepolisian untuk kepentingan penyelidikan. Pihak kepolisian juga akan menyebar foto-foto Andi Lala ke seluruh Indonesia.

Sebelumnya warga di kawasan Pasar 1, Gang Tengah, Mabar, Kota Medan, Sumatera Utara, dihebohkan dengan kasus pembunuhan satu keluarga, Minggu, 9 April 2017.

Satu keluarga yang ditemukan tewas tersebut pasangan suami istri Rianto (40) dan Yani (35), kemudian kedua anak mereka, Naya (14) dan Gilang Laksono (10) serta mertua Rianto, Marni (50).

Putri bungsu pasangan Rianto dan Yani yang berusia empat tahun, yaitu Kinara kritis. Ia sebelumnya menjalani perawatan di Rumah Sakit Mitra Medika, Jalan KL Yos Sudarso, Tanjung Mulia dan kini dipindahkan ke RS Bhayangkara Polda Sumut, Jalan KH. Wahid Hasyim, Medan.

Seluruh jenazah korban pembunuhan telah dikebumikan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Muslim di Jalan Kawat VII, Gang Wakaf, Kecamatan Medan Deli, Kota Medan, Sumatera Utara‎, setelah salat zuhur pada Senin, 10 April 2017, kemarin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini