Sukses

Pagi di Air Terjun Talempong dan Cerita Lumut Ajaib

Liputan6.com, Situbondo - Air Terjun Talempong di Desa Talempong, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, bisa menjadi tujuan wisata baru pada hari libur akhir pekan bagi masyarakat setempat maupun luar daerah. Menikmati air terjun di sini kala pagi hari sangat menyegarkan siapa pun yang datang.

Udara sejuk dan air yang sangat dingin tentu juga bisa menyegarkan wisatawan dari kepenatan usai beraktivitas selama seminggu.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disparpora) Pemerintah Kabupaten Situbondo, Basuki, pada Minggu 9 April 2017 mengatakan, air terjun sudah tak asing bagi masyarakat Situbondo.

"Ait terjun itu sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan orang, utamanya masyarakat Situbondo karena menjadi salah satu wisata alam yang ada di wilayah barat," ujar Basuki seperti dikutip dari Antara, Senin, 10 April 2017.

Ia mengemukakan, objek wisata Air Terjun Talempong masih cukup alami. Karena itu, Pemerintah Kabupaten Situbondo akan terus mempromosikan wisata alam air terjun tersebut.

Pada tahun anggaran 2018, ujar Basuki, Dinas Pariwisata akan menganggarkan pengembangan objek wisata air terjun itu, seperti menyediakan fasilitas pendukung di sekitar air terjun.

Beberapa fasilitas yang perlu dibangun, dia melanjutkan, di antaranya tempat istirahat di sepanjang jalan desa menuju lokasi wisata agar pengunjung bisa menikmati pemandangan alam yang lain dan sarana penunjang lainnya di lokasi wisata.

"Untuk tahun ini kami (Pemkab) masih fokus melakukan pengembangan objek wisata di Waduk Bajulmati, Kecamatan Banyuputih, dan objek wisata Pantai Tampora yang juga ada di Kecamatan Banyuglugur," ujarnya.

Sementara itu, salah seorang pengunjung wisata lokal Situbondo, Irwan, mengatakan dalam pengembangan wisata alam harus ada langkah-langkah prioritas karena perbaikan yang dilakukan pemerintah daerah harus semakin terarah.

Menurut dia, wisata air terjun di wilayah barat Situbondo itu potensinya sangat bagus. Karena itu, pemerintah daerah diharapkan segera mengambil langkah konkret dalam promosi wisata dan pembangunan infrastruktur jalan.

"Dalam promosi wisata memang bukan hanya tugas pemerintah, tetapi membutuhkan kekompakan dan dukungan dari berbagai elemen. Pemerintah daerah sebaiknya lebih berperan dalam menyediakan fasilitas pendukung," ujarnya.

Selain air yang menyegarkan, banyak lumut hijau yang menyelimuti bebatuan di dasar air terjun ini. Konon lumut itu bukan sembarang lumut. Lumut itu merupakan lumut ajaib yang bisa menyembuhkan beberapa penyakit tertentu.

Ya, wisata di air terjun ini memang menyenangkan. Banyak pemandangan indah yang masih sangat alami tersaji di sini. Bahkan, ketika Anda memasuki gapura Desa Talempong, udara dingin sudah menyambut.

Belum lagi pepohonan kesambi yang tumbuh di kanan kiri jalan menuju air terjun juga menjadi objek keindahan tersendiri.

Sampai di lokasi, sajian gemercik air terjun mengundang wisatawan tergoda menyentuhnya. Bahkan tak segan wisatawan menceburkan diri di 'kolam' air terjun ini.

Di samping itu, lokasi wisata ini juga sangat keren untuk dijadikan latar untuk foto bersama atau foto sendiri. Mau mencoba?

Artikel Selanjutnya
Danau Paisu Pok, Surga Alam Tersembunyi di Sulawesi
Artikel Selanjutnya
Wisata Magis Penuh Pesona di Pulau Satonda