Sukses

7 Mobil Damkar Hibah Jepang Cuma Jadi 'Pajangan'

Tujuh mobil damkar itu merupakan hibah dari Jepang untuk Pemkab Gorontalo Utara pada tahun lalu.

Liputan6.com, Gorontalo - Sedikitnya tujuh unit mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) di Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), Gorontalo seakan jadi pajangan. Padahal, ketujuh kendaraan 'tempur' petugas damkar itu sudah ada di Gorut sejak tahun lalu.

Pantauan Liputan6.com, tujuh unit mobil damkar modern ini masih berjejer di halaman parkir Kantor Dinas Satpol PP dan Kebakaran Gorut.

Mobil-mobil yang merupakan hibah dari Jepang pada tahun lalu itu tidak bisa diterjunkan untuk tugas damkar karena tidak memiliki tangki. Padahal, keberadaan tangki pada mobil itu sangat penting.

Tangki itu untuk menampung sementara air yang berasal dari hidran. Sementara, hidran itu hingga kini belum satupun dibuat di Gorut.

Tidak adanya tangki pada jenis mobil damkar ini membuatnya hingga kini belum bisa dioperasikan oleh petugas Damkar PB. Jika ada musibah kebakaran terjadi, daerah ini masih harus mencari bantuan dari pemerintah Provinsi maupun Kabupaten Gorontalo untuk memadamkan api.

Kepala Dinas Satpol PP dan Kebakaran Gorut Josh Pomalingo mengatakan, saat ini pihaknya tengah mengupayakan pengadaan mobil tangki. Hal itu dilakukan karena di Gorut belum memiliki hidran.

"Untuk tahun ini, kami baru akan mengupayakan satu buah mobil tangki dulu dengan anggaran sekitar Rp 500 juta," ujar dia.

Untuk itu, Josh menambahkan, dirinya tetap mengimbau kepada seluruh masyarakat Gorut untuk lebih waspada dengan musibah kebakaran.

"Melihat kondisi cuaca yang sering kali tidak bersahabat ini, kami mengharapkan kepada masyarakat untuk lebih peka terhadap segala sesuatu yang bisa menimbulkan kebakaran sekecil apapun itu," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.