Sukses

Calon Petahana Rektor UGM Kandas di Seleksi Senat Akademik

Seleksi Senat Akademik hanya meloloskan tiga bakal calon rektor UGM.

Liputan6.com, Yogyakarta - Seleksi Senat Akademik (SA) meloloskan tiga bakal calon rektor UGM (Universitas Gadjah Mada). Mereka adalah Panut Mulyono dengan nilai 47.521, Ali Agus 47.451, dan Erwan Agus Purwanto 46.851. Terpilihnya ketiga bakal calon tersebut sekaligus menandakan Dwikorita Karnawati, petahana Rektor UGM gagal maju ke putaran selanjutnya.

"Ketiga bakal calon itu akan diajukan ke Majelis Wali Amanat (MWA) dan suratnya sudah saya tanda tangani kemarin," ucap Hardyanto Soebono selaku Ketua SA UGM, Kamis (6/4/2017).

Ia mengungkapkan, sebanyak 114 anggota SA memberi penilaian lima kriteria. Di antaranya, kemampuan kepemimpinan, integritas, dan penguasan nilai-nilai UGM, serta program pengembangan di selembar kertas kepada delapan bakal calon rektor UGM.

Bakal calon rektor UGM kemudian menyampaikan program kerja mereka selama 10 menit dilanjutkan sesi tanya jawab 15 menit di hadapan tim panelis. Tim ini terdiri dari mantan Rektor UGM Sudjarwadi, Ketua Majelis Guru Besar (MGB), Ketua Dewan Guru Besar (DGB) UGM, Ketua Senat Akademik Putu Sudira, dan Ketua Panitia Kerja Seleksi dan Pemilihan Rektor UGM Indarto.

Setelah itu, SA menilai dengan mengakumulasi nilai yang diberikan masing-masing anggota. Menurut Hardyanto, ketiga bakal calon yang mendapat nilai tertinggi adalah dekan yang menjabat dua periode berturut-turut. Adapun Panut adalah Dekan Fakultas Teknik, Ali Agus adalah Dekan Peternakan, dan Erwan adalah Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol).

Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM), Bulaksumur, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. (Liputan6.com/Switzy Sabandar)

Ketua Panitia Kerja Seleksi dan Pemilihan Rektor UGM Indarto, mengatakan ketiga bakal calon rektor hasil seleksi SA akan mengikuti proses seleksi di tingkat MWA. Selanjutnya dipilih satu orang yang ditetapkan sebagai Rektor UGM terpilih.

"Untuk menyukseskan proses pemilihan di tingkat MWA, telah disiapkan berbagai keperluan logistik seperti surat suara, video presentasi, layar, dan penyiaran lewat video streaming," ujar dia.

Sebanyak 19 anggota MWA, kecuali rektor yang tengah menjabat, akan menggunakan hak suaranya. Dalam pemilihan Rektor UGM, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) Mohamad Nasir memiliki hak suara 35 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.