Sukses

Sambut Pagi dengan Keindahan Terumbu Karang di Mempawah

Liputan6.com, Mempawah - Ingin menikmati keindahan suasana pagi ataupun sore hari sekaligus wisata bahari? Para pelancong dapat mengunjungi Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat (Kalbar). Pemerintahan setempat saat ini gencar mengembangkan potensi wisata bahari, terutama keindahan alam bawah laut.

"Wisata bahari Mempawah sangat potensial, karena memiliki terumbu karang yang sangat eksotik," ucap Kepala Bidang Pariwisata Disdikpora dan Pariwisata Kabupaten Mempawah, Nanik Sawitri, di Mempawah, Rabu, 5 April 2017, dilansir Antara.

Para pelancong dapat mampir ke pulau-pulau kecil di sana yang indah nan menawan, terutama saat pagi dan sore hari. Dia mencontohkan Pulau Temajo yang sudah memiliki banyak penginapan, siap dikunjungi wisatawan.

"Selain itu ada juga pulau yang terdiri dari batu, Pulau Pedamaran. Di sana itu pulaunya memiliki alam bawah laut yang sangat bagus untuk jadi potensi menyelam. Pulau Pedamaran sangat menjanjikan," ujar dia.

Ada pula Pulau Setinjan, yang dikatakan masih keramat dan memiliki potensi tempat memancing dan snorkeling. "Di Pulau Setinjan itu juga banyak penyu. Bahkan pada hari-hari tertentu biasanya ada lumba-lumba yang beratraksi di seputar pulau-pulau kecil itu," kata Sawitri.

Buat memanjakan pelancong, ada wisata kuliner dengan sajian makanan khas setempat. Di antaranya pengkang di Peniti, sop tulang di Pulau Pedalaman, asam pedas Pak Wahab di Kuala Mempawah, dan Pondok Kopel di Terusan Mempawah.

Alternatif wisata yang masih berkaitan dengan wisata bahari di sana adalah wisata hutan bakau. Paling tidak 500 wisatawan datang saban hari.

Mempawah terletak di pesisir barat Kalbar, di jalur antara Pontianak-Singkawang, di mana sudah terdapat jaringan jalan raya berkualitas prima. Waktu yang diperlukan untuk ke Mempawah memakai kendaraan roda empat sekitar 90 menit dari Pontianak.

Artikel Selanjutnya
Wisata Snorkeling Gili Ketapang Dongkrak Ekonomi Warga
Artikel Selanjutnya
Jawa Tengah Proyeksikan Karimunjawa Destinasi Wisata Minat Khusus