Sukses

Menabung Sampah, Menuai Rupiah ala Gorontalo

Sampah masyarakat bisa ditabung ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan nantinya bisa menjadi keuntungan bagi mereka sendiri.

Liputan6.com, Gorontalo - Sampah masih menjadi persoalan lingkungan di daerah-daerah yang ada di Gorontalo. Untuk mengatasi ini, Kabupaten Gorontalo rupanya punya cara unik.

Mereka menggagas yang namanya Bank Sampah. Melalui program ini, sampah masyarakat bisa ditabung ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Gorontalo.

Kepala DLH Kabgor Syaiful Kiraman saat di sambangi liputan6.com menjelaskan, bank sampah yang akan dijalankan pada waktu dekat ini, awalnya akan dilaksanakan terlebih dahulu di lingkungan DLH Kabgor.

"Setiap pegawai di sini nantinya akan diwajibkan untuk memiliki rekening dan aktif dalam menabung sampahnya di bank sampah ini," ujar Syaiful, Jumat, 31 Maret 2017.

Ke depannya Syaiful sangat mengharapkan aturan mengenai kewajiban untuk aktif dalam pemanfaatan bank sampah ini juga bisa diterapkan bagi seluruh pegawai di jajaran Pemda Kabupaten Gorontalo.

"Kami sebagai pelopor kebersihan lingkungan akan mencoba untuk mencontohkannya dulu dan semoga nanti bisa diikuti oleh seluruh SKPD," ujar dia.

Mengenai mekanisme bank sampah itu sendiri, Syaiful menjelaskan nantinya sampah-sampah di sini akan dijual kembali kepada para pengelola sampah yang memiliki keterampilan mendaur ulang sampah menjadi sesuatu yang bernilai. Sehingga sampah-sampah itu juga bisa mendatangkan keuntungan bagi para nasabah bank sampah itu sendiri.

"Dalam waktu dekat pembangunannya akan segera dilakukan, tempatnya sudah kami siapkan, pihak-pihak yang terkait dengan pengelolaan sampah pun sudah siap," tambah Syaiful.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini