Sukses

Inovasi Bawa Makassar Menuju Smart City di Dunia

Ditunjuknya Makassar karena kesuksesan Danny sebagai Wali Kota Makassar yang menjalankan program smart city.

Liputan6.com, Makassar - Kota Makassar, Sulawesi Selatan menjadi satu-satunya kota di Indonesia yang mendapat rekomendasi dari United Nations Development Programme (UNDP) untuk mengikuti ajang International Business Machine (IBM) Smart City Challenges 2018. Bersama kota di Maladewa, Makassar mewakili Asia Pacific sebagai kota yang diajukan Lembaga Jaringan Pembangunan Global Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengatakan, masuknya Makassar sebagai salah satu kota di Indonesia pada IBM Smart City Challenges tidak lain karena inovasi smart city berbasis sombere.

"Inovasi smart city kita aplikasikan melalui layanan kesehatan dan pendidikan pada Makassar Smart Card, Makassar Home Care, dan Makassar Student Smart Card yang kesemuanya itu telah digunakan masyarakat Makassar dalam kurun dua tahun terkahir," ujar Wali Kota Makassar yang akrab disapa Danny, Jumat, 31 Maret 2017, seperti dikutip Antara.

Kepastian Kota Makassar menjadi perwakilan Asia Pasific untuk mengikuti kompetisi itu disampaikan Staf UNDP Perwakilan Jakarta Siprianus Bate Soro.

Menurut Siprianur, ditunjuknya Makassar oleh Lembaga jaringan pembangunan global PBB ini karena kesuksesan Danny sebagai Wali Kota Makassar yang menjalankan program smart city.

Siprianus menjelaskan UNDP menetapkan kedua kota tersebut berdasarkan tiga indikator, yakni komitmen pembangunan Makassar ke arah smart city, komitmen kepemimpinan daerahnya, dan dinamika masyarakat yang menginginkan perubahan yang lebih baik.

Siprianus mengatakan pihaknya telah lama melakukan pengamatan di kedua kota tersebut. Hasilnya Makassar bersama kota di Maladewa terpilih.

"Hasilnya kita lihat, Makassar dan salah satu kota di Maladewa kita rekomendasikan pada IBM Smart City challenges round 2 ini," ujar dia.

Ia menyampaikan IBM sendiri merupakan lembaga yang memiliki reputasi global, sehingga jika Makassar dinilai bisa menjadi contoh terbaik, maka tentu wali kotanya akan diminta untuk berbagi gagasan untuk menginspirasi kota-kota lain di dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini