Sukses

Warga Gorontalo Ketagihan Jemur Jagung di Jalan Tol

Warga ketagihan jemur jagung di jalan tol karena cepat lebih kering daripada dijemur di tempat lain.

Liputan6.com, Gorontalo - Jalan Gorontalo Outer Ring Road (GORR) yang masih dalam tahap pengerjaan sudah dimanfaatkan warga. Bukan untuk melewatkan kendaraan, jalan proyek multiyears itu digunakan untuk menjemur jagung.

Hal itu terlihat di Desa Ombulo, Kecamatan Limboto Barat, pada Rabu, 29 Maret 2017. Tidak kurang dari 1 kilometer ruas jalan tol di desa tersebut dimanfaatkan petani setempat untuk menjemur jagung pipilan mereka dari hasil panen belakangan ini.

Hal itu rutin dilakukan warga setempat beberapa bulan belakangan ini. Salah satu petani, Haris, mengaku menjemur jagung di jalan aspal lebih cepat kering jika dibandingkan dengan jagung yang dijemur di tempat lain.

"Selain itu juga, kami bisa menjemur jagung sebanyak-banyaknya karena di tempat lain, seperti di gilingan, hanya terbatas tempat penjemuran saja, apalagi kalau lagi hujan-hujan seperti sekarang ini," kata Safran.
 
Kepala Desa Ombulo Burhan Moha saat berbincang dengan Liputan6.com mengatakan, sudah dua bulan ini para petani memfungsikan jalan tol tersebut untuk menjemur hasil panen mereka. Sebelumnya, mereka sudah meminta izin ke pemerintah desa.

"Karena itu, belum difungskan dan jarang kendaraan yang lewat di jalan itu, maka saya memberikan izin kepada mereka para petani setempat utuk memfungsikan ini," ujar Burhan.

Jika jalan GORR sudah diresmikan dan dimanfaatkan, kata dia, pihaknya akan melarang petani untuk menjemur jagung mereka di jalan tersebut. "Kalau itu, tidak perlu dikasih tahu lagi," kata Burhan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini